Mohon tunggu...
TIM PPP dan PPM PIAUD STAIT
TIM PPP dan PPM PIAUD STAIT Mohon Tunggu... Lainnya - TIM PPM PIAUD STAIT JOGJA 2018

Mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini STAIT YOGYAKARTA - 2018

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kegiatan Abdi Masyarakat olehTim PPP dan PPM Mahasiswa STAIT Yogyakarta di Masa Pandemi Covid-19

5 Desember 2021   13:47 Diperbarui: 5 Desember 2021   14:26 43 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
dokumentasi pribadi

Sekolah Tinggi Agama Islam Terpadu (STAIT) Yogyakarta melepaskan mahasiswa Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD) untuk melaksanakan kegiatan Praktek Pengembangan Profesi dan Praktek Pengabdian Masyarakat atau disingkat PPP-PPM. Penyelenggaraan PPP-PPM dimulai pada tanggal 19 Oktober 2021 dan berakhir tanggal 19 November 2021. Pengarahan dan pemantauan lapangan oleh Koordinator Pengawas Lapangan melalui media online dikarenakan kondisi masih pandemi. Selain itu, mahasiswa diterjunkan langsung di daerah masing-masing agar mempermudah mobilisasi serta akomodasi.

Kegiatan PPP-PPM Prodi PIAUD ini berorientasi pada bidang pendidikan dan keagamaan. Salah satu kegiatan tersebut adalah dongeng islami untuk anak-anak TPQ Al Mujahidin Kemit, Kwaren, Ngawen, Klaten pada hari Minggu, 14 November 2021. Kegiatan ini diikuti puluhan santriwan/wati dan melibatkan belasan pengasuh TPQ Al Mujahidin Kemit. Dengan judul "Aku Mau Jadi Anak Baik" bersama salah satu Juru Kisah PPMI DIY yaitu Kak Pandu, para santri begitu antusias saat mendengarkan kisah-kisah yang disampaikan. Ada pula doorprise bagi santri yang berhasil menyimpulkan pesan moral yang ada dalam cerita.

Selain kegiatan dongeng, sebelumnya para mahasiswa telah mengadakan acara jalan sehat bagi anak TPQ di 3 tempat dalam waktu bersamaan yakni hari Minggu, tanggal 31 Oktober 2021. Sejumlah 13 mahasiswa dibagi menjadi 3 kelompok untuk melaksanakan jalan sehat. TPQ yang terlibat tersebut ada TPQ Labbaik Baitullah Kemalang, Klaten, TPQ At Taubah Sorosutan, Yogyakarta, dan TPQ Al Mujahidin Kemit, Klaten. Euforia para santri terlihat saat mengikuti jalan sehat, Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar meski cuaca sedikit mendung.

Kedua program PPP-PPM diatas merupakan kegiatan yang diperuntukkan bagi santri TPQ, sedangkan bagi para orang tua dan guru para mahasiswa Prodi PIAUD ini juga mengadakan Webinar yang bertema "Bermain Sambil Belajar" melalui web conference zoom pada tanggal 7 November 2021. Para mahasiswa menghadirkan pembicara dari salah satu dosen STAIT Yogyakarta yakni Bapak Muhammad Zainal Abidin, M.Pd, M.H. Kurang lebih 20 peserta yang mengikuti webinar diantaranya ada yang berasal dari luar kota. Seluruh program PPP-PPM yang dilaksanakan oleh mahasiswa STAIT Yogyakarta Prodi PIAUD bertujuan untuk memberi semangat baru bagi masyarakat dalam proses belajar-mengajar setelah adanya pandemi kurang lebih 1 tahun terakhir.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan