Mohon tunggu...
KKN RDR Posko 20
KKN RDR Posko 20 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Kegiatan KKN Reguler UIN Walisongo ke-79 yang dilakukan di kelurahan Genuksari, Kecamatan Genuk, Semarang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Ingin Wujudkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, KKN Reguler Posko 20 Ikut Serta Kerja Bakti

24 September 2022   14:30 Diperbarui: 24 September 2022   14:45 357 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi pribadi

Kuliah Kerja Nyata (KKN) menjadi kegiatan rutin tahunan yang diadakan hampir di seluruh Universitas yang ada di Indonesia, salah satunya Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang. Kegiatan ini diadakan sebagai bentuk untuk meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat. UIN Walisongo Semarang telah mempersiapkan dan menyebar mahasiswa KKN Reguler 79 kedalam beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten dan Kota Semarang, salah satunya pada Kecamatan Genuk.

Dalam rangka memperingati K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) tingkat kelurahan, Kecamatan Genuk mengadakan kegiatan kerja bakti di Kelurahan Genuksari pada Rabu, 21 September 2022 Pukul 06.30 WIB. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Kecamatan Genuk, seluruh lurah Kecamatan Genuk, serta Mahasiswa UIN Walisongo Semarang yang sedang melaksanakan kegiatan KKN Reguler 79 di Kecamatan Genuk.

Kegiatan kerja bakti diawali dengan sambutan Bapak Drs. Suroto selaku Camat Genuk, kemudian disusul dengan sambutan Bapak Sutrisno, S.IP, MM selaku Lurah Genuksari. Kegiatan kerja bakti ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas nasional, mencegah dan mengurangi sesuatu yang dapat menimbulkan penyakit di lingkungan sekitar, serta mewujudkan lingkungan yang sehat, aman, nyaman, dan masyarakat yang sehat. Selain itu, kegiatan dilaksanakannya kerja bakti ini juga sebagai bentuk pelaksanaan program Adipura. Adipura merupakan program nasional yang dilaksanakan setiap tahun untuk mendorong kepemimpinan pemerintah kabupaten/ kota dan membangun partisipasi aktif masyarakat dan dunia usaha dalam mewujudkan sustainable city (kota berkelanjutan) yang bersih dan teduh.

Usai sambutan-sambutan yang disampaikan oleh camat dan lurah, seluruh peserta kerja bakti dapat mulai membersihkan sepanjang jalan Kelurahan Genuksari, mulai dari membersihkan sampah-sampah yang berhamburan di pinggir jalan, mencabuti rumput-rumput liar, membersihkan sampah yang ada di dalam selokan, dll. Mahasiswa KKN Reguler 79 UIN Walisongo turut serta membantu dan meramaikan program Adipura dengan tujuan agar mahasiswa sadar pentingnya menjaga dan merawat lingkungan. Disamping itu, membersihkan lingkungan juga merupakan wujud dari implementasi hablum minal alam, yaitu  hubungan manusia dengan alam. Pada Fatwa MUI Nomor 41 Tahun 2014 tentang pengelolaan sampah untuk mencegah kerusakan lingkungan, secara tegas menyatakan bahwa setiap muslim berkewajiban menjaga kebersihan dan menjaga kelestarian lingkungan.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa satu kegiatan sederhana seperti kegiatan kerja bakti dapat mendatangkan banyak manfaat untuk masyarakat, alam, dan merupakan salah satu bentuk ibadah. Mahasiswa KKN Reguler 79 UIN Walisongo turut melaksanakan kegiatan tersebut sebagai bentuk implementasi dari hablum minal alam yang diwujudkan dalam kegiatan kerja bakti bersama di kelurahan Genuksari, kecamatan Genuk, Semarang. Kerja bakti ini juga merupakan implementasi dari mewujudkan go green, sebagaimana program UIN Walisongo yang selalu menggalakkan program We Green untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup yang sehat secara berkala dan berkelanjutan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan