Mohon tunggu...
KKN Ngebruk 2021
KKN Ngebruk 2021 Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN Ngebruk 2021

KKN Desa Ngebruk, Kecmatan Sumberpucung, Kabupaten Malang Tanggal Pelaksanaan KKN 11 Juni - 25 Juli 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Mahasiswa KKN UM 2021 Lakukan Pendampingan Inovasi Desain Kemasan "Kampung Gatot"

17 Juli 2021   17:00 Diperbarui: 17 Juli 2021   23:07 149 0 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mahasiswa KKN UM 2021 Lakukan Pendampingan Inovasi Desain Kemasan "Kampung Gatot"
Inovasi Desain Kemasan Kampung Gatot 2021. Foto: Dokri

Pembangunan desa merupakan upaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa salah satunya melalui program desa berdaya. Desa Berdaya merupakan program pemberdayaan yang mencakup wilayah desa yang terintegrasi berupa pembinaan masyarakat dengan menggabungkan potensi yang dimiliki desa dan berkolaborasi dengan pemerintah desa (desaberdaya.id). 

Dalam desa berdaya terdapat pemberdayaan dengan memanfaatkan potensi ekonomi yang dimiliki desa. Desa Ngebruk merupakan desa yang memiliki potensi berupa UMKM yang bergerak di bidang kuliner yaitu jajanan tradisional. Sejak jaman dahulu, Desa Ngebruk sudah dikenal sebagai sentral produksi dan penjual jajanan tradisional seperti gatot, horok-horok, bledus, lupis, cenil, dll. 

Produksi jajanan tradisional di Desa Ngebruk turun temurun selama 3 generasi. Sebagian besar penjual jajanan tradisonal di pasar se-Malang Raya menjual produk dari Desa Ngebruk. Sehingga, dengan potensi yang dimiliki tersebut Desa Ngebruk mengusung tema “Kampung Gatot” dalam program Desa Berdaya.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang Desa Ngebruk melakukan program kerja dengan merancang desain produk kemasan sebagai media promosi “Kampung Gatot” dalam program Desa Berdaya. Program pendampingan inovasi desain kemasan Kampung Gatot merupakan program pendampingan inovasi desain kemasan yang ditujukan kepada para pelaku usaha jajanan tradisional di Desa Ngebruk. 

Program ini berisi tentang inovasi desain kemasan yang bertujuan re-branding kemasan dan sebagai media promosi“Kampung Gatot”. Selain itu, juga untuk meningkatkan nilai jual produk dan mengembangkan kembali jajanan tradisional di Desa Ngebruk yang dulu pernah jaya. Selain mendesain kemasan, dalam program ini kami memberikan contoh kemasan kepada pihak desa dan ketua “Kampung Gatot”.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 6 hari, dimulai dari tahap persiapan, tahap pengembangan sampai dengan tahap implementasi. Dan penyerahan desain kemasan beserta packaging dalam bentuk standing pouch (ziplock) dan besek yang dilengkapi dengan label stiker yang telah didesain  kepada pihak desa dan ketua “Kampung Gatot” pada hari terakhir kamis, 08 Juli 2021 yaang dilaksanakan di Balai Desa Ngebruk.

Setelah pelaksanaan dan penyerahan desain kemasan, tim KKN UM Desa Ngebruk  mengharapkan desain yang telah dirancang dapat bermanfaat bagi para pelaku usaha jajanan tradisional di Desa Ngebruk serta dapat meningkatkan nilai jual dan daya beli. Sehingga, jajanan tradisional di Desa Ngebruk tidak termakan jaman dan tetap eksis di era modern ini.

Contoh Inovasi Kemasan
Contoh Inovasi Kemasan "Kampung Gatot" Terbaru. Dokpri

Penyerahan Desain Inovasi Kemasan. Dokpri
Penyerahan Desain Inovasi Kemasan. Dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan