Mohon tunggu...
KKN MBKM MD
KKN MBKM MD Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

KKN MD Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Pancing: Program Inovasi Pencegahan Stunting di Desa Senggreng Sumberpucung

18 November 2022   23:06 Diperbarui: 18 November 2022   23:30 285
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Stunting atau kerdil merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama dalam 1000 hari pertama kehidupan. Masalah stunting merupakan masalah besar bagi Indonesia, karena pertumbuhan yang terganggu pada anak yang beresiko terkena stunting bukan hanya pertumbuhan fisiknya saja tetapi juga pertumbuhan otaknya. 

Stunting berdampak pada tingkat kecerdasan, kerentanan terhadap penyakit dan penurunan produktivitas. Oleh karena itu maka digagaslah suatu inovasi program yang bernama Paket Pencegah Stunting "PANCING" dengan tujuan utamanya untuk menurunkan angka beresiko stunting khususnya pada anak-anak di Desa Senggreng.

Tingginya angka stunting di Indonesia telah menjadi perhatian khusus bagi pemerintah. Beberapa penyebab stunting itu sendiri adalah kurangnya asupan yang dibutuhkan oleh tubuh mulai dari saat masih di dalam kandungan sampai dengan setelah lahir. 

Kurangnya akses ke pelayanan kesehatan dan kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap masalah stunting itu sediri juga menjadi penyebab tingginya angka stunting di Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan adanya upaya pencegahan stunting seperti dengan beberapa kegiatan yang ada di dalam paket pencegah stunting ini.

Dokpri
Dokpri

Program inovasi ini sendiri digagas oleh kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata  Universitas Negeri Malang (KKN-UM) yang tengah melaksanakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka-Membangun Desa (MBKM-MD) yang pada tahun ini mengusung tema desa inovatif desa produktif. Program ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa selama kurang lebih empat bulan. 

Dari program MBKM-MD tersebut maka terbentuklah sebuah inovasi PANCING: Paket Pencegah Stunting yang bertujuan untuk mencegah angka kenaikan stunting pada anak-anak di Desa Senggreng. Program ini juga secara tidak langsung membantu desa untuk mengurangi angka kekurangan gizi pada masyarakatnya. 

Inovasi ini merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat dengan memenuhi kebutuhan dan permasalahan masyarakat yang sedang marak terjadi di Desa Senggreng.

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun