Mohon tunggu...
gatikasari mujiastuti
gatikasari mujiastuti Mohon Tunggu... Admin Desa Kedungringin

Desa Kedungringin, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Dampingi Urus PIRT, Mahasiswa Undip Ajak Pengusaha Keripik Pisang

15 Agustus 2019   08:19 Diperbarui: 15 Agustus 2019   10:50 0 0 0 Mohon Tunggu...
Dampingi Urus PIRT, Mahasiswa Undip Ajak Pengusaha Keripik Pisang
Koordinator KKN Desa Kedungringin, Yusra Faisal Hamid mendampingi pelaku UMKM untuk pengisian formulir perizinan PIRT-Dokpri

Selasa (6/8) menjadi puncak pelaksanaan Gerakan Nasional Revolusi Mental dalam Pendampingan Pengurusan PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga). 

Gerakan Nasional Revolusi Mental sendiri merupakan gerakan untuk menggembleng manusia Indonesia agar menjadi manusia baru yang berhati putih, berkemauan baja, bersemangat elang rajawali, dan berjiwa api yang menyala-nyala. 

Program Pendampingan Pengurusan PIRT memang dicanangkan untuk pemilik usaha makanan yang masih berskala rumah tangga di desa yang menjadi lokasi KKN (Kuliah Kerja Nyata). 

Maksud dari program ini yakni memberikan tambahan pengetahuan dan dorongan bagi pemilik usaha makanan untuk segera mengurus perizinan PIRT agar produknya dapat bersaing dengan produk pabrikan. Perizinan PIRT dilakukan di Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang seksi Farmasi.

Dalam prakteknya, beberapa pengusaha kecil di Desa Kedungringin belum mengenal PIRT sama sekali. Oleh sebab itu, KKN Tim II Universitas Diponegoro 2019 berniat untuk mendampingi salah satu pengusaha kecil yang memproduksi keripik pisang manis. 

Beliau bernama Ibu Sumirah. Pemilihan ini didasarkan pada ketertarikan Ibu Sumirah untuk menjadikan produknya lebih dipercaya oleh konsumen.

Koordinator Desa Kedungringin bersama penanggung jawab program ini secara rutin mengunjungi kediaman Ibu Sumirah untuk meninjau lokasi produksi keripik pisang manisnya di Dusun Krajan RT 13 / RW II, Desa Kedungringin, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang. 

Akan tetapi, pada puncak kegiatan, Koordinator Desa Kedungringin bersama penanggung jawab program, pada pukul 17.00 WIB melakukan penyerahan Modul Panduan Perizinan PIRT kepada Ibu Sumirah. Harapannya, Ibu Sumirah menjadi lebih termotivasi untuk mengembangkan usahanya lebih luas lagi.

Semarang (6/8) -- Tim II KKN Universitas Diponegoro di Desa Kedungringin Kecamatan Suruh telah mengusung salah satu program penerapan Gerakan Nasional Revolusi Mental yang dicanangkan oleh Bapak Presiden Joko Widodo.

 Program yang diusung tersebut yakni pendampingan perizinan PIRT ke pelaku UMKM pangan, yang tergolong ke dalam pilar Indonesia Melayani. Sasaran utama pelaksanaan program ini adalah Keripik Pisang Manis milik Ibu Sumirah. 

Sore itu, bersama dua rekannya, koordinator KKN Desa Kedungringin, Yusra Faisal Hamid mengunjungi kediamannya di Dusun Krajan. "Kami ingin memberikan pengetahuan dan dorongan kepada pemilik usaha makanan untuk segera mengurus perizinan PIRT agar produknya dapat bersaing dengan produk pabrikan" ujarnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x