Pada hari senin, 21 Juni 2021 pukul 08.00 WIB telah dilaksanakan satu proker PAUD di Desa Karanganyar Kecamatan Poncokusumo yang berjudul "Pengoptimalan Aspek Kognitif Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif (APE) Sederhana".Â
Forum ini dipimpin oleh Saudari Diajeng Anisa Prahesti, sebelum memasuki ruangan PAUD Al-Mubaroq seluruh  anggota diwajibkan memakai masker dan handsanitizer yang telah disediakan.Â
Pemateri memberikan materi berupa PowerPoint dan video penjelasan umum mengenai Alat Permainan Edukatif (APE) serta manfaat, juga mengenai aspek kognitif (merupakan fokus dari permainan yang pemateri buat). Pemateri memberikan 3 contoh permainan yang bisa dijadikan inspirasi bagi tenaga pendidik PAUD di Desa Karanganyar antara lain :
- Marble Maze / Papan alur
Alat permainan marble maze ini terbuat dari kardus atau kayu berbentuk kotak dimana di dalamnya diberikan pembatas dari sedotan yang disusun menyerupai jalan, kardus atau papan yang digunakan dilapisi dengan kertas warna warni serta jalan atau alur dibuat semenarik mungkin sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan serta membangkitkan motivasi anak untuk belajar.
Adapun tata cara memainkan permainan ini adalah guru memperkenalkan apa itu permainan marble maze kemudian guru menjelaskan aturan permainan dan memberikannya contoh.Â
Anak diajak untuk menggiring bola ( kelereng ) dengan menggerakan kardus ke kanan atau ke kiri sehingga kelereng berjalan menuju ke gawang dari kertas yang sudah disediakan. Manfaat APE Marble Maze untuk Anak Usia Dini:
- Membantu mengembangkan kenampuan motorik halus terutama pada ketrampilan mengkoordinasikan mata dan tangan pada anak usia dini. Karena pada penggunaannya membutuhkan ketrampilan kedua tangan dan diperlukan kecermatan.
- Meningkatkan keterampilan bahasa reseptif seperti mengikuti arahan dari guru.
- Melatih kemampuan anak untuk fokus.
- Melatih keseimbangan dan konsentrasi.
- Melatih kesabaran dan menyelesaikan masalah.
- Flashcard "Tebak namaku dan asalku"
Serta flashcard yang bermacam-macam tema dimulai dari tema buah, sayur, benda-benda, pekerjaan hingga lain sebagainya yang disesuaikan dengan tema pembelajaran agar menjadi lebih bervariatif serta membangkitkan motivasi anak untuk belajar.
Adapun tata cara memainkan permainan ini, pertama guru memperkenalkan apa itu permainan Flashcard "Tebak namaku dan asalku", kemudian guru menjelaskan aturan permainan lalu memberikan contoh permainannya. Sehingga anak-anak dapat diajak untuk menyebutkan nama dari Flashcard yang dipegang dan dapat meletakkannya sesuai gambar yang terdapat di atas kardus.
Manfaat APE Flashcard "Tebak namaku dan asalku" untuk Anak Usia Dini:
- Meningkatkan keterampilan bahasa reseptif seperti mengikuti arahan dari guru.
- Merangsang daya ingat anak.
- Melatih mengklasifikasikan beberapa jenis benda.
- Melatih konsentrasi anak.
- Melatih koordinasi mata dan otak.
- Pelangi Geometri