Mohon tunggu...
KKN TEMATIKDESA
KKN TEMATIKDESA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Negeri Malang

KKN Desa Gajahrejo Tahun 2022 Nama Anggota Kelompok : Ketua : Farhan Zidni Fadzilah Karim Documentasi : Adhimas Maulana, Shendy Mandasari Sekertaris : Arlinda Trias Lianistya, Erliana Indah Hidayati Saputri Bendahara : Salsabilla Navia Eka Putri Sie Komunikasi : Ilham Trio Noviandika, Jabar Thariq Sie Program : Nadhif Alvin Chariszma, Imam Muzayyin Sie Konsumsi : Galang Ramadhon Gautama Putra

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pemberdayaan Potensi Wisata Coban Kembar di Desa Gajahrejo dengan Plakat Petunjuk Arah

22 Mei 2022   01:15 Diperbarui: 22 Mei 2022   01:19 42 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Editor : Galang Ramadhon G.P.

JAWA TIMUR, KOMPASIANA.COM

Coban Kembar adalah salah satu destinasi wisata tersembunyi yang ada di Desa Gajahrejo, RT.09/Rw.01, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Dari hasil survei dan pengamatan Coban Kembar  ini sangat indah dan rekomendasi untuk dikunjungi, oleh karena itu kita sebagai mahsiswa yang ingin terus pengabdian memilih Coban Kembar ini sebagai objek program kerja. Papan kayu adalah suatu benda yang bisa dijadikan untuk sebagai media melukis. Papan kayu yang dibuat juga merupakan bahan beka dari kegiatan manusia. Dalam program kerja yang dilakukan di Coban Kembar ini papan kayu di jadikan sebagai media melukis agar terlihat menarik dan juga indah untuk dipandang, lukisan yang dibuat pada media tersebut menggunakan cat kayu agar lebih awet dan tidak mudah mengelupas saat terkena air atau gesekan dengan benda lain.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Melukis di papan kayu ini juga dapat memanfaatkan limbah dari bahan bekas, dimana hal ini menimbulkan suatu ide kreatif dan positif. Papan kayu petunjuk arah ini ditempatkan pada beberapa titik yang ada di Coban Kembar, yaitu melipiuti arah panah sampai dengan tulisan motivasi. Adanya petunjuk arah ini diharapakan dapat meningkatakan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan lokasi wisata tersebut, pemberdayaan wisata disini bertujuan agar para wisatawan baik lokal maupun luar dapat mengenal Coban Kembar. Program kerja ini dilakukan selama enam hari lamanya dimulai dari tahapan persiapan sampai finishing di peletakan plakat petunjuk jalan, program kerja ini dibantu dan didampingi oleh beberapa masyarakat yang ada disekitar Coban Kembar.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Dampak positif lain yaitu sangat penting bagi wisatawan, terutama yang datang secara perorangan tanpa pemandu wisata. Mereka akan merasa dimudahkan dengan adanya papan petunjuk jalan menuju obyek wisata yang terlihat jelas. Walaupun pemasangan plakat ini berjalan lancar namun juga terdapat beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi berjalannya kegiatan yang direncanakan, diantaranya faktor pendukung dan faktor penghambat.

1. Faktor Pendukung

  • Bahwasanya destinasi wisata Coban Kembar ini tempatnya indah dan bagus, tidak kalah menarik dengan destinasi wisata lainnya dan tentunya Coban Kembar ini tidak kalah menarik untuk dikunjungi wisatawan luar.
  • Dengan indah dan menariknya Coban Kembar ini banyak dukungan dari Kepala Desa dan masyarakat setempat untuk memperkenalkan Coban Kembar ini menjadi salah satu destinasi wisata di Desa Gajahrejo.

2. Faktor Penghambat

  • Akses menuju Coban Kembar yang masih sulit, belum terekspose, dan belum terjelajahi oleh orang-orang, menjadikan Coban Kembar ini belum dikategorikan tempat wisata yang belum dikelola.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan