Mohon tunggu...
Kkn Desa Tempursari
Kkn Desa Tempursari Mohon Tunggu... Lainnya - Kumpulan Artikel Media Massa KKN Desa Tempursari 2021

Desa Tempursari, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pembuatan Modul Pengembangan Pondok Pesantren Nurul Auliyaaaillaah Oleh Tim KKN UM

25 Juli 2021   22:41 Diperbarui: 26 Juli 2021   00:48 45 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pembuatan Modul Pengembangan Pondok Pesantren Nurul Auliyaaaillaah Oleh Tim KKN UM
Gambar 1 Pondok Pesantren Nurul Auliyaaaillaah. Sumber : Dokumen Penulis (2021)

KABUPATEN MALANG - Tim KKN Universitas Negeri Malang (UM) membuatkan modul rencana pengembangan pondok pesantren Nurul Auliyaaaillaah.

Rencana pengembangan ini dibuat untuk mengatasi kendala-kendala yang terdapat di pondok pesantren Nurul Auliyaaaillaah dan mengembangkan kualitas pondok pesantren tersebut.

Pondok pesantren Nurul Auliyaaaillaah merupakan pondok pesantren non-formal berlokasi di Kampung Gunung Gedek, Dusun Tempursari Selatan RT 27 RW 27, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang.

Melalui survei dan hasil wawancara yang dilakukan oleh tim KKN UM dengan pemilik pondok, Bapak Ali Mahfud, tim KKN UM menemukan dua kendala utama yang dipunyai oleh pondok pesantren.  Kendala pertama ialah pondok pesantren Nurul Auliyaaaillaah belum mempunyai SK perizinan sehingga status pondok pesantren belum legal. Maka dari itu, dosen pembimbing tim KKN UM, Drs. Bambang Djatmiko menginginkan timnya untuk membuat modul tata cara pengurusan SK perizinan lembaga Pendidikan non-formal. Di dalam modul, pihak pondok akan diarahkan ke kepala Dinas Kabupaten Malang untuk membuat SK perizinan.

Tim KKN UM juga menemukan beberapa sarana dan pra-sarana yang perlu dikembangkan. Pertama, atap masjid di pondok pesantren mengalami kebocoran sehingga teras masjid menjadi basah ketika terjadi hujan deras di Kawasan pondok pesantren. Bapak Ali Mahfud menjelaskan jika kebocoran masjid sudah berlangsung selama beberapa bulan dan diakibatkan oleh gempa yang melanda kabupaten Malang beberapa bulan yang lalu.

Gambar 2 Masjid Pondok Pesantren Nurul Auliyaaaillaah. Sumber : Dokumen Penulis (2021)
Gambar 2 Masjid Pondok Pesantren Nurul Auliyaaaillaah. Sumber : Dokumen Penulis (2021)
Tim KKN UM juga berpendapat jika akses jalan menuju pondok pesantren perlu dikembangkan. Akses jalan dari arah timur pondok pesantren masih belum diaspal sehingga menyulitkan pengendara motor yang ingin menunjungi pondok pesantren dari arah tersebut. Salah satu mahasiswa KKN UM, Muhammad Irwanadri Azhari, mengatakan perbaikan akses jalan akan meningkatkan angka jumlah pengunjung pondok pesantren.

"Akses jalan ke pondok pesantren terlampau cukup sulit bagi pengendara motor karena beberapa jalan menuju ke pondok pesantren belum diaspal termasuk akses jalan dari timur pondok. Karena belum diaspal, motor tidak bisa melalui jalan dengan mulus apalagi di saat hujan, jalan akan menjadi sangat licin. Perbaikan akses jalan akan sangatlah membantu agar masyarakat di luar Kampung Gunung Gedek dapat mengunjungi pondok dengan lebih mudah," ujar Irwanadri.

Dengan demikian, Tim KKN UM juga merancang modul perbaikan atap masjid dan akses jalan menuju pondok pesantren Nurul Auliyaaaillaah di mana pihak pondok akan diarahkan untuk menghubungi tukang bangunan dan kontraktor jalan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN