Mohon tunggu...
KKN UM Desa Sumberagung 2021
KKN UM Desa Sumberagung 2021 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa KKN UM Desa Sumberagung

KKN Universitas Negeri Malang Desa Sumberagung, Kec. Gandusari, Kab. Blitar 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN UM Sumberagung Adakan Sosialisasi Media Pembelajaran di SD Negeri Sumberagung 01

23 Juli 2021   15:00 Diperbarui: 23 Juli 2021   15:04 95 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mahasiswa KKN UM Sumberagung Adakan Sosialisasi Media Pembelajaran di SD Negeri Sumberagung 01
Penyerahan media pembelajaran kepada perwakilan guru SDN Sumberagung 01/Dokpri

Sumberagung, Blitar - KKN (Kuliah Kerja Nyata) Pulang Kampung Universitas Negeri Malang 2021 yang dilaksanakan di Kabupaten Blitar, tepatnya di Desa Suberagung Kecamatan Gandusari. Tim KKN ini telah melaksanakan Program Kerja berupa Media Pembelajaran yang ditujukan pada Guru Sekolah Dasar (SD) di SDN Sumberagung 01 Gandusari Blitar.

 Pembuatan Media Pembelajaran merupakan salah satu program kerja utama yang diinisiasi oleh kelompok KKN pulang kampung  UM dengan penanggung jawab program kerja yaitu Puput Dwi Sulani dan Yunita Dewi Afifa. Mahasiswa KKN pulang kampung Desa Sumberagung berinisiatif membuat dua media pembelajaran yaitu Mosik (Monopoli Asik) dan Flash Card Keragaman Budaya Nusantara.

Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dalam proses belajar mengajar sehingga dapat merangsang perhatian dan minat siswa untuk belajar. Manfaat media pembelajaran salah satunya adalah untuk menarik minat belajar siswa didalam kelas, hal ini akan menjadikan siswa lebih aktif dan inovatif dalam proses pembelajaran.

Media pembelajaran Monopoli Asik (MOSIK)/Dokpri
Media pembelajaran Monopoli Asik (MOSIK)/Dokpri

Media pembelajaran Flash Card/Dokpri
Media pembelajaran Flash Card/Dokpri

Media pembelajaran yang mengusung nama "MOSIK" atau Monopoli Asik ini bertujuan untuk menjadikan proses pembelajaran menjadi asik dan menyenangkan. Siswa juga dapat belajar sambil bermain menggunakan media pembelajaran MOSIK ini. Selain itu, Monopoli ini juga berisi materi-materi pembelajaran SD untuk mengembangkan pengetahuan yang dimiliki oleh siswa.

 Selanjutnya media pembelajaran Flash Card berisi Keragaman Budaya Nusantara bertujuan untuk mengenalkan siswa terhadap keragaman budaya yang ada di Indonesia yang terdiri dari Tari Adat, Rumah Adat, Senjata Tradisonal, dan Pakaian Adat yang berada di 34 provinsi. Pengenalan keragaman budaya melalui media flash card diharapkan dapat lebih efektif karena didalamnya berisi gambar--gambar yang mudah diingat dan cepat untuk dihafal.

Sosialisasi media pembelajaran kepada guru SDN Sumberagung 01/Dokpri
Sosialisasi media pembelajaran kepada guru SDN Sumberagung 01/Dokpri
Sebelum membuat media mahasiswa KKN UM melakukan observasi ke SD Sumberagung 01 terlebih dahulu untuk berdiskusi tentang media pembelajaran yang akan diberikan di SDN Sumberagung 01 pada hari Selasa (15/06/2021). "Saya setuju dengan medianya dan berterimakasih karena disini belum ada media yang seperti itu, karena selain dapat menambah elemen media pembelajaran yang ada disini juga dapat meningkatkan kreatifitas guru dalam proses pembelajaran karena sejauh ini media pembelajaran sangat penting untuk menunjang proses pembelajaran sehingga sangat bermanfaat untuk kedepannya" Tutur Bapak Yudiono selaku kepala sekolah SDN Sumberagung 01. 

Dengan adanya media pembelajaran MOSIK (Monopoli Asik) dan Flash Card Keragaman Budaya Nusantara diharapkan proses pembelajaran akan lebih menarik sehingga mampu menumbuhkan keaktifan siswa dalam pembelajaran yang dilakukan. Tidak hanya mampu menumbuhkan keaktifan siswa, dengan adanya media pembelajaran diharapkan siswa agar tidak cepat bosan dalam melakukan pembelajaran di dalam kelas. Adapun sasaran media pembelajaran ini adalah siswa kelas V SDN Sumberagung 01 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan