Mohon tunggu...
KKN Desa Sitirejo
KKN Desa Sitirejo Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Kelompok KKN Desa Sitirejo 2021 Universitas Negeri Malang

Berikut merupakan profil dari kelompok KKN Desa Sitirejo 2021 yang berasal dari Universitas Negeri Malang (UM)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN UM 2021 Membuat Video Profil Desa sebagai Sarana untuk Memperkenalkan Keunggulan dan Potensi Desa

25 Juli 2021   11:16 Diperbarui: 25 Juli 2021   11:46 126 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN UM 2021 Membuat Video Profil Desa sebagai Sarana untuk Memperkenalkan Keunggulan dan Potensi Desa
Pertanian di wilayah Desa Sitirejo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang/dokpri

Malang -- Desa Sitirejo merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang. Secara geografis, Desa Sitirejo berada di utara pusat Kabupaten Malang. Jarak tempuh Desa Sitirejo ke ibu kota kecamatan adalah 3 km yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 10 menit. Sedangkan jarak tempuh ke ibu kota kabupaten adalah 16 km yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 30 Menit.

Jika dilihat dari peta geografis, Desa Sitirejo terletak di wilayah Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang dengan posisi dibatasi oleh wilayah desa-desa tetangga. Di sebelah Utara berbatasan dengan Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Di sebelah Barat berbatasan dengan Desa Parangargo, Kecamatan Wagir. Di sisi Selatan berbatasan dengan Desa Mendalanwangi, Kecamatan Wagir, sedangkan di sisi Timur berbatasan dengan Desa Kebon Agung, Kecamatan Pakisaji. 

Desa Sitirejo memiliki luas wilayah 257 Ha dan ketinggian 413 mdpl. Luas lahan yang ada terbagi ke dalam beberapa peruntukan yang dapat dikelompokkan seperti untuk fasilitas umum, pemukiman, pertanian, perkebunan, kegiatan ekonomi, dan lain-lain. Luas lahan yang diperuntukkan untuk pemukiman adalah 109,4817 Ha. Luas lahan yang diperuntukkan untuk pertanian adalah 91,5334 Ha. Luas lahan untuk ladang tegalan dan perkebunan adalah 49,6851 Ha. Sedangkan luas lahan untuk fasilitas umum adalah sebagai berikut: untuk perkantoran 0,681 Ha, sekolah 3,186 Ha, olahraga 5,775 Ha, dan tempat pemakaman umum 2,6356 Ha.

Desa Sitirejo merupakan salah satu desa yang memiliki potensi alam yang sangat indah dengan  mayoritas sumber daya alamnya merupakan pertanian, perkebunan dan pertamanan. Potensi pada sektor pertanian seperti, padi, jagung dan lain sebagainya. Sedangkan sektor perkebunan seperti mangga, ubi kayu, dan lain-lain. Tidak hanya memiliki banyak potensi alam saja, beberapa RT di Desa Sitirejo juga terbilang sangat indah untuk dipandang karena terdapat banyak taman bunga yang tersebar di sudut jalan di setiap RT.

Namun sayangnya potensi pada Desa Sitirejo ini belum banyak diketahui oleh masyarakat luar. Oleh karena itu tim mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang bertujuan untuk membuat Video Profil Desa untuk mendokumentasikan potensi yang ada pada Desa Sitirejo melalui sebuah video yang diunggah di media sosial.

Penyerahan video profil tidak dapat dilaksanakan karena kondisi di Kota Malang sedang melakukan PPKM sehingga tidak ada kesempatan untuk melakukan simbolisasi dengan Bapak Kepala Desa. Pengerjaan video ini berlangsung selama kurang lebih 29 hari dimulai dari tanggal 19 Juni hingga tanggal 18 Juli 2021.

Harapan dari tim mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang yaitu untuk mengenalkan lebih banyak lagi mengenai potensi yang dimiliki Desa Sitirejo yang dituangkan melalui video profil ini sehingga informasi yang diberikan bisa tersampaikan kepada masyarakat luas.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN