Mohon tunggu...
KKN Desa Selopuro
KKN Desa Selopuro Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN Pulang Kampung Desa Selopuro UM

Halo! Perkenalkan kami Kelompok KKN Desa Selopuro 2021. Kami merupakan sekumpulan mahasiswa Universitas Negeri Malang. Disini kami akan berbagi informasi mengenai kegiatan pengabdian kami kepada masyarakat di Desa Selopuro, Kecamatan Selopuro, Kabupaten Blitar. Semoga bermanfaat dan terimakasih ^_^

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN UM Adakan Program Belajar Mengajar di Desa Selopuro sebagai Realisasi Mahasiswa Kampus Pendidikan

24 Juli 2021   10:30 Diperbarui: 24 Juli 2021   16:10 25 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN UM Adakan Program Belajar Mengajar di Desa Selopuro sebagai Realisasi Mahasiswa Kampus Pendidikan
Pelaksanaan Program Belajar Mengajar bersama Anak-Anak TK dan SD/MI/Dokpri

Selopuro, Blitar - Pendidikan merupakan pondasi dalam kemajuan bangsa, sehingga semakin baik kualitas pendidikan maka semakin baik kualitas bangsa tersebut. Pendidikan memiliki peran penting terhadap terwujudnya peradaban bangsa yang bermartabat. Tujuan pendidikan diatur dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional nomor 20 tahun 2003 pasal 3 yang berbunyi:

Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartarbat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlaq mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab (Depdiknas, 2003: 9) 

Pendidikan menjadi salah satu kebutuhan manusia yang dapat meningkatkan dan menggali potensi diri. Selain itu, dapat mengembangkan aspek kognitif, aspek psikomotorik, dan aspek afektif, sehingga dengan pendidikan manusia dibeali berbagai pengetahuan, ketrampilan, keahlian, dan tatanan hidup baik berupa norma-norma, aturan-aturan, dan lain sebagainya. Untuk membentuk sumber daya manusia perlu adanya sebuah interaksi edukatif yakni terjadinya proses kegiatan belajar mengajar antara pendidik dan peserta didik. Maka dari itu sebagai mahasiswa dari kampus pendidikan, KKN UM mengadakan salah satu program kerja yang dapat menunjang kualitas pendidikan di Desa Selopuro yaitu "Program Belajar Mengajar".

Program Belajar Mengajar Desa Selopuro/Dokpri
Program Belajar Mengajar Desa Selopuro/Dokpri

Pelaksanaan Program Belajar Mengajar ini bekerjasama dengan salah satu bimbel di Dusun Jajar. Program ini dilaksanakan pada Rabu, 21 Juli 2021, dengan peserta bimbel merupakan anak-anak TK dan SD/MI. Dalam proses pelaksanaannya Panitia KKN yang datang ke lokasi berjumlah 4 orang sesuai dengan kebijakan PPKM. Peserta bimbel datang secara bergantian sehingga dalam lokasi tidak terjadi kerumunan. Semua peserta bimbel sangat antusias dan semangat belajar, sehingga secara umum pelaksanaan program ini berjalan dengan lancar dan sukses. Untuk anak-anak TK, diajarkan bagaimana cara membaca, menulis, dan menghitung. Sedangkan untuk anak-anak SD/MI dibantu dalam mengerjakan pekerjaan rumah (PR). 

Selain kegiatan tersebut, pelaksanaan Program Belajar Mengajar juga bekerjasama dengan SDN Selopuro 3. Dalam kegiatannya dilakukan dengan penyerahan Majalah Dinding (Mading), Media Pembelajaran, dan Donasi Buku. Sehingga diharapkan dengan penyerahan produk-produk tersebut dapat dimanfaatkan oleh SDN Selopuro 3 sebagai penunjang kegiatan pembelajaran.

Penyerahan Mading, Media Pembelajaran, dan Donasi Buku ke SDN Selopuro 3/Dokpri
Penyerahan Mading, Media Pembelajaran, dan Donasi Buku ke SDN Selopuro 3/Dokpri

Dengan adanya kegiatan ini berdampak pada semakin dekatnya mahasiswa dengan anak-anak TK dan SD/MI di Dusun Jajar dan juga menambah pengalaman yang nantinya akan dialami mahasiswa pendidikan sebagai calon pendidik di masa depan.

(Karira_PDD KKN UM Desa Selopuro 2021)

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN