Mohon tunggu...
KKN UMDESALEMBOR
KKN UMDESALEMBOR Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pengabdian Mahasiswa

Mahasiswa KKN UM di Desa Lembor Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN UM Kenalkan Desa Lembor Melalui Video Profil

24 Juli 2021   07:37 Diperbarui: 24 Juli 2021   07:46 68 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN UM Kenalkan Desa Lembor Melalui Video Profil
Dok. pribadi

Desa Lembor merupakan salah satu desa yang terletak sekitar 8 KM ke arah barat daya dari pusat Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan. Dengan potensi alam yang melimpah serta pemandangan yang memanjakan mata, sayang sekali jika Desa Lembor kurang dikenal masyarakat luas. Dalam rangka mengenalkan Desa Lembor beserta potensi dan kekayaan alamnya kepada masyarakat luas, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pulang Kampung Universitas Negeri Malang Tahun 2021 Desa Lembor mengusung program kerja pembuatan video profil desa. Video profil merupakan produk perkembangan teknologi audio visual yang memiliki karakteristik bersifat modern, dinamis serta menampilkan visual yang secara real sehingga lebih mudah menarik perhatian pasar. Oleh karena itu, Mahasiswa KKN memilih video profil sebagai media promosi Desa Lembor.

Program ini dilaksanakan dengan pengambilan video langsung secara mandiri oleh salah satu mahasiswa KKN UM Rivaldo Ade Putra di beberapa titik. Sebagaimana usulan Kepala Desa Lembor H. M. Na’im, S.Pd., berbagai potensi alam Desa Lembor seperti dalam bidang pariswisata, pertanian, dan perikanan menjadi fokus utama program ini. Selain menampilkan potensi desa, video profil ini juga mengandung narasi penjelasan yang bersumber dari dokumen Profil Desa Lembor Tahun 2021, hasil wawancara dengan Sekretaris Desa, dan berbagai sumber lain yang relefan.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Video profil Desa Lembor berisi informasi tentang gambaran umum desa seperti monografi desa dan demografi penduduk, sarana prasarana desa, kondisi sosial masyarakat serta potensi desa dalam berbagai sektor.

Masyarakat Desa Lembor memiliki karakteristik masyarakat yang terbuka, berjiwa sosial, menjunjung tinggi toleransi, pantang menyerah, rukun, gemar bergotong royong, dan bermusyawarah untuk menyelesaikan masalah. Sekretaris Desa, Muhammad Afiq Luthfil Hadi, S.Pd., mengungkapkan bahwa karakter masyarakat desa yang pantang menyerah tidak terlepas dari latar belakang berdirinya Desa Lembor.
“Menurut sejarah, Desa Lembor merupakan desa pindahan. Karena sifat nomaden tersebut, masyarakat Desa Lembor memiliki jiwa fighter atau jiwa berjuang yang tinggi”, jelas Afiq.

Potensi Desa Lembor tersebar dalam berbagai bidang. Wisata Gunung Suru dan Waduk Lembor merupakan potensi pariwisata di Desa Lembor yang menjadi daya tarik tersendiri karena memiliki pemandangan alam yang menawan. Selain itu, terdapat potensi perikanan berupa olahan pindang ikan layang dalam kuali yang dikenal dengan nama Pindang Kuali. Terdapat pula potensi hasil pertanian berupa jagung, padi, melon, tomat, pisang, cabai, bawang, dan lainnya. Seorang petani Desa Lembor berhasil menciptakan cabai varietas baru bernama Cabai Sundari. Tak berhenti di situ, penduduk Desa Lembor memiliki rumah produksi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berupa makanan ringan dan produsen miniatur motor gede dari bahan daur ulang. Beberapa sektor potensi desa ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Lembor.

Program video profil ini diharapkan mampu menjadi media promosi yang memperkenalkan Desa Lembor beserta potensi di dalamnya agar lebih dikenal masyarakat luas serta dapat menambah peluang untuk menarik perhatian investor dan pemerintah pusat guna meningkatkan pembangunan infrastruktur maupun pengembangan sumber daya manusia di Desa Lembor.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Video profil Desa Lembor ini diunggah dan dipublikasikan melalui kanal YouTube KKN UM Desa Lembor pada tanggal 24 Juli 2021.
Berikut ini tautan video profil Desa Lembor:


Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN