Mohon tunggu...
KKNUM2022 Desa Depok Bendungan
KKNUM2022 Desa Depok Bendungan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Topik konten favorit adalah konten edukasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Meningkatkan Kelancaran Pelayanan Warga Desa, Mahasiswa KKN MBKM MD UM Melaksanakan Piket Desa

9 Desember 2022   03:32 Diperbarui: 9 Desember 2022   04:15 63
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan piket desa merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa peserta KKN di Universitas Negeri Malang selama kegiatan KKN berlangsung. Tujuan dari kegiatan piket desa adalah untuk membantu para perangkat desa dalam mengurus layanan administrasi desa di balai desa. Selain itu, tujuan diadakannya piket desa supaya mahasiswa dapat berpartisipasi dalam membantu kegiatan di desa.

dokpri
dokpri

Kegiatan piket desa dilakukan setiap hari jika tidak memiliki program kerja yang berlangsung pada hari itu. Waktu pelaksanaan piket desa dimulai pada pukul 08.00-13.00. Kegiatan piket desa berlangsung di Balai Desa Depok, Kecamatan Bendungan, Kabupaten Trenggalek.

Dalam kegiatan piket desa, mahasiswa membantu masyarakat dan perangkat desa dalam melakukan kegiatan-kegiatan di balai desa seperti mengisi data bantuan sosial, scan dokumen data penduduk, membantu pelayanan di balai desa, dan menginput data serta menata dokumen yang berkaitan dengan balai desa dan penduduk.

Kegiatan piket desa berlangsung dengan baik dan lancar karena perangkat desa serta masyarakat membantu mahasiswa telah menerima mahasiswa KKN secara baik sehingga mahasiswa diberikan kepercayaan untuk membantu pelayanan masyarakat di balai desa. Dengan adanya kegiatan piket desa, diharapkan mahasiswa yang mengikuti KKN pada periode berikutnya dapat membantu perangkat desa dalam memberikan pelayanan kepada warga desa dan mengurus dokumen penduduk.

dokpri
dokpri

Di dalam pelaksanaan KKN ,kegiatan KKN harus diisi dengan kegiatan yang dapat memberi manfaat bagi desa tersebut. Piket desa merupakan salah satu contoh kegiatan selama KKN yang dapat diikuti oleh mahasiswa. Tujuan dari adanya pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk membantu mengurus dokumen penduduk dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi balai desa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun