Mohon tunggu...
KKNBK DesaPalas
KKNBK DesaPalas Mohon Tunggu... Pengabdian KUKERTA BK 2020 Universitas Riau

Tulisan dari akun ini merupakan berita-berita dan laporan kegiatan oleh tim Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) Balek Kampung Universitas Riau 2020 bertempat di Desa Palas, Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Tim Pengabdian Kukerta Desa Palas Universitas Riau Mengunjungi Dinas PLUT-KUMKM

10 Agustus 2020   15:45 Diperbarui: 10 Agustus 2020   15:59 5 0 0 Mohon Tunggu...

Palas - Tim pengabdian kukerta desa Palas adakan kunjungan ke dinas pusat layanan usaha terpadu koperasi dan usaha mikro kecil menengah (PLUT- KUMKM) pada Kamis (06/08).

Kunjungan ini dilatarbelakangi keingintahuan tim kukerta mencari informasi terkait program dinas untuk Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) yang ada di desa Palas. Survei desa yang dilakukan beberapa hari sebelumnya menemukan salah satu produksi tahu desa tersebut memiliki kendala dalam perintisannya karena masih tergolong baru.

Dari kegiatan ini, dinas PLUT-KUMKM merasa terbantu  dalam menjembatani informasi dan kondisi masyarakat yang ada di daerah Pelalawan untuk meningkatkan umkm yang ada.

"kami sangat merasa terbantu dengan kunjungan mahasiswa KKN UNRI yang berinisiatif menceritakan kondisi masyarakat sehingga kami bisa tau bahwa ada UMKM yang bisa kami bina di daerah ini" ujar bu nur maida.

Tak hanya sekedar kunjungan biasa, tim juga adakan diskusi bersama Nur Maida selaku kepala PLUT-KUMKM. Dinas PLUT-KUMKM Pelalawan memberi sambutan baik dengan menawarkan bantuan melalui  program-program yang rencananya akan diberikan kepada UMKM tahu tersebut.

Dalam pelaksaannya, program ini dijalankan oleh para konsultan dan pembinaan bagi umkm. Konsultan program PLUT-KUMKM mengenai UKM terdiri atas lima bagian yaitu konsultan produksi, konsultan pemasaran, konsultan Sumber Daya Manusia (SDM), konsultan pembiayaan, dan konsultan kelembagaan.

Nur Maida mengatakan perlunya mengetahui kebutuhan UMKM tersebut, setelahnya konsultan akan turun ke lapangan untuk melakukan riset dan menyusun langkah yang tepat.

Dalam menjalankan tugasnya konsultan bertugas mengunjungi langsung, membina hingga mengontrol UMKM.

"tujuan program ini adalah untuk menaikkan kelas UMKM yang ada di pelalawan" tutur Nur Maida.

Diskusi dilanjutkan dengan kunjungan tim KKN ke produksi tahu desa Palas. Tujuannya menyampaikan informasi program pemerintah untuk meningkatkan usaha tahu tersebut.

Rianto yang merupakan pemilik produksi tahu mengaku baru merintis usahanya. Terhitung dua minggu sudah usahanya berjalan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN