Mohon tunggu...
KKN UM Jombok 2020
KKN UM Jombok 2020 Mohon Tunggu... Universitas Negeri Malang

Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang Desa Jombok 2020

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Peduli Covid-19, Mahasiswa KKN UM Desa Jombok 2020 Melakukan Penyemprotan Disinfektan di Sekitar Lingkungan Desa

1 Juli 2020   12:50 Diperbarui: 1 Juli 2020   12:43 8 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Peduli Covid-19, Mahasiswa KKN UM Desa Jombok 2020 Melakukan Penyemprotan Disinfektan di Sekitar Lingkungan Desa
Dok. pribadi

Dengan merebaknya covid – 19 yang menyerang seluruh dunia termasuk Indonesia.Pemerintah  mulai menerapkan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB),physical distancing, hingga saat  ini gencar mulai diberlakukan new normal untuk mengurangi tingkat penyebaran  virus covid – 19 ini. Meskipun dengan keadaan demikian tidak mengurangi semangat berkegiatan pengabdian masyarakat yang sudah diagendakan oleh Universitas Negeri Malang (UM).

Ada yang berbeda dari Kuliah Kerja Nyata (KKN) kali ini, dimana tahun ini dilakukan secara daring dengan tema “KKN Berbasis Produk Karya Pengabdian” . melalui kegiatan KKN yang dilakukan di desa Jombok, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang dengan dilakukan selama 45 hari mulai tanggal 29 Mei sampai 7 Juli 2020.

Aditya Ilham  Firmansyah sebagai penanggung jawab proker penyemprotan desinfektan menyatakan alasan mengambil program kerja tersebut, penyemprotan disinfektan dinilai sebagai upaya tindakan perventif untuk mencegah penyebaran virus Covid – 19. Keiatan penyemprotan ini dilakukan dengan tujuan membunuh kuman atau virus yang berada di sekitar  lingkungan desa Jombok.Walaupun di Desa Jombok belum ada yang teridentifikasi terpapar virus covid-19, mahasiswa KKN merasa perlu untuk melakukan tindakan pencegahan dengan menjaga lingkungan desa Jombok tetap higienis dan terhindar dari kuman maupun virus.

Cairan desinfektan yang disemprotkan di Desa Jombok ini dibuat sendiri dengan mengikuti petunjuk dan standar dalam membuat disinfektan yaitu mencampurkan air bersih dan cairan pembersih lantai, tentunya dengan takaran yang pas menurut anjuran pemerintah. (Rabu,10/06/2020)

“Mewabahnya  virus covid – 19 yang belum kita ketahui kapan berakhir mengharuskan masyarakat tenang dan jangan panik. Masyarakat harus bisa menghadapi situasi ini dengan sabar dan tetap waspada dengan cara melakukan kegiatan preventif seperti menjaga lingkungan tetap bersih, patuh pembatasan jarak fisik, menjaga kesehatan tubuh dan mental, serta menerapkan anjuran-anjuran protokol kesehatan” tuturAdityaIlhamFirmansyah.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Menurut kordinator Desa Muhammad RizkiPratama, mengatakan bahwa dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata ini penyemrotan disinfektan hanyalah salah satu dari beberapa kegiatan lain yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UM. Kegiatan lainnya yang tidak kalah penting adalah sosialisasi kepada masyarakat desa Jombok untuk patuh mengikuti protokol covid-19, membagikan masker dan menghimbau warga untuk selalu pakai masker jika keluar rumah, sosialisasi kegiatan ekonomi yang tetap bisa dijalankan selama pandemi, dan masih banyak lagi kegiatan lain yang dilakukan dengan tujuan Desa Jombok bisa menghadapi pandemi dengan baik dan menjaga warga desa Jombok agar seminimal mungkin tidak terdampak covid-19.

Sementara itu selaku Kepala Desa, Kuseri, saat wawancara mengungkapkan bahwa pihaknya merasa sangat terbantu dengan adanya program-program kerja dari mahasiswa KKN UM karena pihaknya membutuhkan sosialisasi serta edukasi secara menyeluruh kepada warga desa Jombok. Kuseri berterimakasih pula atas bantuan berupa masker, penyemprotan disinfektan, kegiatan bersih-bersih lingkungan desa serta kegiatan lain yang membantu desa Jombok lebih kuat menghadapi musibah pandemi.

VIDEO PILIHAN