Mohon tunggu...
KKN UM Ngampel
KKN UM Ngampel Mohon Tunggu... KKN UM 2020 Kelurahan Ngampel

KKN UM 2020 Universitas Negeri Malang Ds. Ngampel Kec. Mojoroto Kota Kediri

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mahasiswa Universitas Negeri Malang Bantu UMKM Kelurahan Ngampel dengan Memperkenalkan Produk Melalui Video

8 Juli 2020   16:02 Diperbarui: 8 Juli 2020   17:18 19 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa Universitas Negeri Malang Bantu UMKM Kelurahan Ngampel dengan Memperkenalkan Produk Melalui Video
Dok pribadi Mahasiswa

Kediri Kota | Kelurahan Ngampel, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri memiliki potensi yang begitu besar berupa UMKM yang kreatif, maka dari itu video profil sangat diperlukan untuk memperkenalkan potensi Kelurahan Ngampel kepada masyarakat luas, dan diharapkan mampu menarik minat investor untuk memajukan Kelurahan Ngampel dari berbagai sektor.

Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang membantu untuk mewujudkan hal tersebut, dengan menjadikan video profil sebagai salah satu program kerja yang dilakukan, video profil memuat tentang informasi kelurahan, kehidupan masyarakat, potensi/UMKM desa. 

Isi dari video profil diperoleh dari dokumen resmi dan melakukan wawancara dengan perangkat kelurahan, pengambilan gambar dilakukan dengan melihat setiap sudut potensial dari Kelurahan Ngampel.

Video potensi Kelurahan Ngampel telah ditayangkan pada acara penutupan KKN UM yang bertempat di kelurahan Ngampel pada tanggal 6 Juni 2020, yang dihadiri oleh Kepala Kelurahan Ngampel, Babinsa, Kamtibmas, Ketua RT20, Ketua LPMK. 

Dalam kesempatan ini Kepala Kelurahan juga mewakili seluruh masyarakat Kelurahan Ngampel mengatakan "saya mewakili masyarakat Kelurahan Ngampel mengucapkan terima kasih banyak terhadap Mahasiswa/Mahasiswi KKN atas pengabdiannya dengan pembuatan video potensi Kelurahan Ngampel, semoga kelak kedepan UMKM di Kelurahan Ngampel ini dapat berkembang dengan baik, dan kami menyampaikan permohonan maaf yang sebesar besarnya terhadap mahasiswa KKN pada saat berada di Kelurahan Ngampel ada perilaku-perilaku atau pun ucapan-ucapan masyarakat yang tidak disengaja sekali mohon maaf yang sebesar-besarnya" ujarnya saat dikonfirmasi, Senin (6/7/2020).

Terdapat dua video yang telah dibuat oleh mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang, selain video profil juga terdapat video UMKM. Video tersebut guna mendorong dan mengeksplor potensi kelurahan berupa UMKM. 

Kelurahan Ngampel memiliki 4 bentuk UMKM yang sudah berhasil untuk direport oleh mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang, diantaranya : pelukis tiga dimensi beralamatkan di RT. 11 Kelurahan Ngampel. Menggunakan pensil warna dan dapat beralaskan kanvas, kertas, dan nampan. 

Serta dapat beralaskan kaca dengan menggunakan teknik kerik. Selanjutnya ada UMKM bunga dari bahan stocking, dengan menggunakan bahan seperti kawat, benang, dan kain stocking. 

Tidak hanya bunga, daun dan buah pun dapat dibentuk dengan menggunakan bahan-bahan tersebut. Selain itu, terdapat UMKM rotan anyam dengan menggunakan rotan kering lalu dibentuk seperti dekor, kursi, meja, dan lainnya. 

Serta ada juga UMKM pengolahan kaca yang bertempat di Gang Kaca, Kelurahan Ngampel. Dinamakan seperti itu dikarenakan banyak warganya yang berprofesi sebagai pengrajin kaca. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan motivasi kepada UMKM untuk menjadi lebih maju, dan dikenal luas.

VIDEO PILIHAN