Mohon tunggu...
KKN BANJARHARJO
KKN BANJARHARJO Mohon Tunggu... KKN BANJARHARJO 2021

KKN BANJARHARJO 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN T-PPC Universitas Muhammadiyah Purwokerto Bersama Lazismu Ikut Membantu Kegiatan Bedah Rumah

2 Maret 2021   13:24 Diperbarui: 2 Maret 2021   13:44 92 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN T-PPC Universitas Muhammadiyah Purwokerto Bersama Lazismu Ikut Membantu Kegiatan Bedah Rumah
Kodisi Sebelum Bedah Rumah

Bedah Rumah adalah kegiatan merenovasi rumah milik masyarakat yang tidak layak huni. Rumah yang dibedah adalah milik Ibu Wasriah (42 th) yang berada di Dusun Nambo RT 005 RW 005 Desa Banjarharjo , Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes(14/2). Ibu Wasriah adalah seorang janda beranak dua yang bekerja sebagai ibu rumah tangga, jumlah anggota keluarga yang berada dirumah tersebut adalah tiga orang. Karena dilihat dari kondisi rumah tidak layak huni masyarakat setempat memberikan donasi dan mencari donatur untuk perbaikan rumah ibu wasriah.

Kepala dusun nambo bapak Sukri melaporkan bahwa terdapat kekurangan dana untuk renovasi rumah Ibu Wasriah.   Sehingga mahasiswa KKN UMP Desa Banjarharjo berinisiatif untuk mengajukan proposal kepada Lembaga Lazismu. Pembuatan proposal ini juga telah disetujui oleh Bapak Imam Faisal Hamzah, S.Psi,.M.A selaku Dosen Pembimbing Lapangan. Setelah pengajuan proposal pihak Lazismu menindaklanjuti dengan melakukan survei secara langsung ke rumah Ibu Wasriah. Karena terbukti bahwa kondisi rumah Ibu Wasriah sedang dalam perbaikan namun terhenti karena kekurangan dana akhirnya pihak Lazismu memberikan bantuan berupa uang tunai.

Penyerahan Bantuan dari Lazismu kepada Ibu Wasriah
Penyerahan Bantuan dari Lazismu kepada Ibu Wasriah

Penyerahan bantuan dana dari Lazismu diberikan oleh Bapak  Drs. Achmadi. S selaku Sekertaris Lazismu Daerah Banjarharjo yang diterima langsung oleh Ibu Wasriah. Tanggapan pihak Lazismu Kecamatan Banjarharjo memberikan respon yang sangat positif yang telah diinisiasi oleh mahasiswa KKN UMP, beliau mengatakan " kalau tidak didahului oleh pihak mahasiswa mungkin kami tidak mengetahui ada kondisi bedah rumah di Dusun Nambo, berkat pendekatan mahasiswa dengan masyarakat sehingga pihak Lazismu bisa membantu meskipun tidak mampu memberikan dana maksimal paling tidak kami memberikan sedikit bantuan sehingga rumah yang dibedah menjadi layak huni, mungkin nanti bisa dilanjutkan untuk program KKN yang lebih menyentuh lagi “ ucapnya. Selain melalui pengajuan proposal mahasiswa KKN UMP juga mengadakan galang dana untuk membantu Ibu Wasriah.

Penyerahan ini juga disaksikan oleh Bapak Sutriono selaku kepala Desa Banjarharjo. Beliau sangat berterimakasih kepada Lazismu dan mahasiswa KKN UMP yang telah peduli terhadap lingkungan desa banjarharjo. Dari pihak Desa juga sudah berusaha mencari donatur, namun tidak bisa membantu menggunakan dana APBD dikarenakan tidak memenuhi kriteria. Berkat bantuan yang diberikan rumah Ibu Wasriah menjadi lebih layak untuk dihuni. Bapak Sutriono juga menyampaikan bahwa anak-anak Ibu Wasriah akan didaftarkan kedalam program wajib sekolah yang didanai oleh pihak Desa. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x