Mohon tunggu...
KKN 419Kendit
KKN 419Kendit Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Tuhan Bekerja Dengan Cara-Nya Sendiri dan Tuhan Memberi Kecukupan Kepada Mereka Yang Tidak Diperbudak Oleh Keinginan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Kembangkan Desa, KKN UNEJ Kelompok 419 Menelusuri Potensi Desa Kendit

4 Agustus 2022   18:05 Diperbarui: 4 Agustus 2022   18:19 300 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

SITUBONDO, KKN UNEJ Kelompok 419 – Kepala Desa Kendit Rudiyanto menyambut kedatangan Kelompok 419 KKN UNEJ Membangun Desa Periode 2 yang terdiri dari 9 orang mahasiswa di Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo

Mahasiswa KKN TEMATIK UNEJ didampingi Dosen Pembimbing Lapangan Ebban Bagus Kuntadi, S.P., M.Sc. datang untuk mengabdikan diri kepada masyarakat Desa Kendit yang juga merupakan salah satu perwujudan Tri dharma perguruan tinggi. 

KKN TEMATIK UNEJ memiliki 4 tema pilihan yang bisa diterapkan sesuai potensi desa yang ada. Tema KKN yang bisa dipilih yaitu TIK, Kewirausahaan, Sanitasi dan Lingkungan, Stunting dan terakhir yaitu Desa Wisata.

Dok Pribadi
Dok Pribadi

Desa Kendit memiliki 8 dusun yaitu Krajan Utara, Kerajan Selatan, Karanganyar Timur, Karanganyar Barat, Kalompangan, Tamansari, dan Kendit Barat. 

Letak geografis desa Kendit dikelilingi oleh perbukitan yang menjadikan sumber daya air di desa ini cukup melimpah. Oleh karena itu sebagian besar wilayah Desa Kendit didominasi oleh persawahan dan perkebunan. Masyarakat Desa Kendit kebanyakan berprofesi sebagai petani dan peternak. Hewan yang paling banyak dipelihara oleh yaitu Sapi dan Kambing.

Dalam hal potensi desa, Mahasiswa KKN UNEJ melakukan penelusuran menggunakan Participatory Action Research untuk menemukan hal-hal yang bisa digunakan untuk mengembangkan Desa Kendit.

Kondisi geografis, iklim dan cuaca, maupun tanah yang subur di Desa Kendit sangat mendukung usaha pertanian dan peternakan. Urutan tumbuhan yang paling banyak ditanam yaitu jagung, padi, tebu, hortikultura, dan terakhir palawija. 

Jagung merupakan tumbuhan yang paling banyak mendominasi daratan Desa Kendit, karena masyarakat menggunakan pola tanam padi-jagung-jagung, atau padi-padi-jagung, atau lebih tepatnya tanaman jagung ditanam sepanjang tahun. 

Seluruh bagian dari tumbuhan jagung nyatanya dapat dimanfaatkan. Mulai dari buah jagung yang dapat dijadikan lauk atau makanan pokok, lalu bagian batang, daun serta bunga jagung yang bisa digunakan sebagai pakan ternak. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan