Mohon tunggu...
KKN Sukowilangun2021
KKN Sukowilangun2021 Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - KKN UM SUKOWILANGUN 2021

Laman ini untuk mengunggah artikel berita kegiatan KKN reguler semester antara 2021di Desa Sukowilangun, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN Ikuti Program Donor Darah yang Dilaksanakan Unit Transfusi Darah Kabupaten Malang

29 Juli 2021   19:20 Diperbarui: 29 Juli 2021   19:24 31 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN Ikuti Program Donor Darah yang Dilaksanakan Unit Transfusi Darah Kabupaten Malang
Dokumentasi Pribadi KKN UM 2021. Donor Darah

Malang--- Unit Transfusi Darah Kabupatean Malang atau sering dikenal dengan UTD melaksanakan program yang rutin dilakukan yaitu donor darah bersama dengan perangkat desa Sukowilangun dan juga mahasiswa kkn um 2021. Kegiatan tersebut bertempat di kantor desa sukowilangun dengan target 50 kantong darah. program ini awalnya dicetuskan oleh salah satu perangkat yaitu pak Suyuti dengan jabatan Humas di desa Sukowilangun yang juga sebagai relawan PMI di Kabupaten malang. Kegiatan donor darah ini memberikan manfaat yaitu mampu memberikan kelancaran pada peredaran darah, menjaga kesehatan jantung, dan mampu mendeteksi penyakit serius.

Acara donor darah ini diselenggarakan pada hari Senin 11 Juli 2021 mulai pukul 08.00- 12.00. Mulai dari registrasi warga yang mengikuti  kegiatan donor. Registrasi ini dilakukan oleh mahasiswa KKN dengan mengisikan form yang telah disediakan oleh UTD PMI Kabupaten Malang. Form tersebut berisis tentang syarat-syarat donor darah seperti  kondisi tubuh sehat, usia 17 sampai 60 tahun, berat badan minimal 45 kilogram, suhu tubuh 36,6 sampai 37,5 celcius, tekanan darah 100-160, kadar hemoglobin minimal 12,5 gr/dl bagi peerempuan dan 12,5 gr/dl bagi laki-laki.

Setelah syarat tersebut memenuhi, nmaka peserta kegiatan donor diperbolehkan untuk donor darah. Dnmonor darah inisampai memenuhi kanotong darah yang sudah disiapkan. Adapaun salah satu mahasiswa KKN yang menjadi relawan dan mendonorkan darahnya di kegiatan donor darah desa Sukowilangun.

Penulis : Rio Aditya Nandiatama (S1 Pendidikan Sosiologi)

Editor : Vina Yuliana (S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial)

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x