Mohon tunggu...
KKN Kelompok 305 UMD 2022
KKN Kelompok 305 UMD 2022 Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa

mahasiswa KKN UMD Kelompok 305 Prajekan Kidul Bondowoso, siap melakukan pengabdian

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kelompok KKN 305 UMD Berencana Mengadakan Lomba dalam Rangka Memperingati HUT RI ke-77

9 Agustus 2022   11:36 Diperbarui: 9 Agustus 2022   12:05 100 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Prajekan- Bulan Agustus merupakan bulan yang penting bagi masayarakat Indonesia dimana pada bulan ini merupakan bulan-bulan bangsa Indonesia mempersipakan kemerdekaan bangsa Indonesia. Secara Histori dimulai sejak tanggal 9 agustus 1945 dibentuknya PPKI(Panitia Persiapan Kemerdekaan Republik Indonesia) yang langsung diketuai oleh Ir. Soekarno yang memiliki tugas-tugas yang berkaitan dengan kemerdekaan Republik Indonesia. 

Selain itu dibulan Agustus juga terjadi peristiwa penculikan yang kita sebut dengan peristiwa Rengasdengklok. Peristiwa ini terjadi karena perbedaan pendapat menjelang kemerdekaan antara golongan muda dan golongan tua dalam menyikapi kekalahan jepang dalam perang dunia ke 2. Golongan muda mendesak agar Soekarno segera melakukan proklamasi dan golongan tua berpendapat proklamasi diputuskan melalui sidang PPKI sehingga berdasarkan hal tersebut pada tanggal 16 agustus 1945 dini hari golongan muda menculik Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok yang bertujuan agar terhindar dari pengaruh jepang. Ketika di Rengasdengklok Soekarno dan Hatta didesak untuk segera memproklamasikan kemerdekaan lantaran jepnag telah menyerah kepada sekutu yang pada akhirnya antara golongan tua dan golongan muda sepakat bahwa proklamasi kemerdekaan dilakukan di Jakarta dan ketegangan tersebut dapat diakhiri Ketika salah satu tokoh golongan tua Achmad Soebardjo menjemput Soekarno dan Hatta dan juga menjamin kemerdekaan di tanggal 17 Agustus 1945. Sekembali dari Rengasdengklok mereka (golongan tua) menuju kerumah Laksamana Maeda untuk Menyusun naskah proklamasi yang kemudian diketik oleh Sayuti Melik dan pada tanggal 17 Agustus 1945 dilaksanakan proklamasi kemerdekaan Indonesia di Jl. Pegangsaan Timur no 56 Jakarta yang awalnya akan dilaksanakan di lapangan menteng namun berpindah karena terdapat penjagaan ketat di lapangan menteng.

Berdasarkan historis tersebut tentunya kita sebagai generasi penerus bangsa tentunya harus mengisi kemerdekaan itu dengan melakukan hal-hal yang positif dan dapat menumbuhkan kecintaan serta semangat nasionalisme. Dengan demikian, para warga diharuskan untuk mengisi Hari Kemerdekaan ini dengan kegiatan yang dapat mengingatkan kita pada semangat para patriot pembela bangsa. Maka dari itu, kami peserta KKN UMD Kelompok 305 yang bertempat di Desa Prajekan Kidul akan mengadakan Peringatan Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia bagi warga Desa Prajekan Kidul. Dalam mengimplementasikannya kami berencana mengadakan lomba-lomba dalam rangka memperingati 17 Agustus dan akan berkolaborasi bersama komunitas pemuda lokal yang Bernama "Nak Kanak Prajegghen". Kegiatan lomba ini diharapkan oleh pihak desa dan warga desa sendiri karena selama 2 tahun terakhir desa tidak dapat melakukan lomba memperingati HUT RI tersebut karena pandemi COVID 19. Pada masa ini yang merupakan masa transisi dari pandemi menuju endemi kami berencana mengadakan 5 lomba yang diantaranya lomba mewarnai,lomba marathon anak-anak,lombavoli buta ibu-ibu,lomba estafet air ibu-ibu, dan lomba menghias tumpeng. Kegiatan ini selain bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme masyarakat, kegiatan ini juga bertujuan mempereratsilaturahmi dan semangat gotong royong masyarakat Prajekan Kidul.

MERDEKA !

penulis dan editor : Arkana Sultan Allaam Wijaya dan Wahyu Kurniawan Permadi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan