Mohon tunggu...
KKN GLANGGANG
KKN GLANGGANG Mohon Tunggu... Welcome

Selamat Membaca Artikel dari KKN UM 2019 Desa Glanggang

Selanjutnya

Tutup

Atletik

Mahasiswa KKN UM Beri Pelatihan Gulat Pada Remaja Desa Glanggang, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang

25 Juni 2019   19:25 Diperbarui: 25 Juni 2019   19:41 0 0 0 Mohon Tunggu...
Mahasiswa KKN UM Beri Pelatihan Gulat Pada Remaja Desa Glanggang, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang
Foto Bersama Peserta Pelatihan Gulat Desa Glanggang, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Minggu (26/5/2019)

              MALANG, KOMPAS.com. Kelompok KKN Universitas Negeri Malang Desa Glanggang, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang  menyelenggarakan pelatihan gulat pada remaja dengan tema pembibitan atlet gulat usia dini bagi anak remaja Desa Glanggang. Kegiatan ini dilaksanakan ditujukan pada remaja Desa Glanggang baik laki - laki maupun perempuan. Lulut Gilang selaku penanggung jawab sekaligus pelatih menyatakan "Melalui kegiatan ini diharapkan para remaja bisa mengetahui teknik dasar gulat, mengembangkan bakat dan minat anak, serta meningkatkan kemampuan prestasi olahraga".

              Masyarakat belum begitu memahami tentang olahraga gulat, dikarenakan kurangnya soasialisasi tentang olahraga gulat di daerah - daerah untuk memperluas pengetahuan tentang olahraga gulat. Namun olahraga gulat sekarang ini dapat dilakukan dengan aman, tidak membahayakan dan menyakitkan, karena telah terjadi pengembangan dalam teknik dasar gulat yang dengan mudah dapat dipelajari dan dilakukan. Misalnya untuk menguasai teknik - teknik dasar gulat dilakukan latihan secara bertahap mulai dari latihan jatuhan, posisi merangkak, jongkok, dan selanjutnya posisi berdiri. Demikian pula dengan latihan bertanding dari posisi merangkak, jongkok, dan berdiri.

              Olahraga gulat merupakan salah satu cabang olahraga beladiri yang mengandalkan kekuatan otot dan berbagai macam teknik  gulat agar dapat mengontrol dan melumpuhkan lawannya, saling berhadapan dengan menggunakan anggota tubuh terutama dengan kekuatan terutama bagian lengan dan kaki untuk menyerang atau bertahan. Latihan teknik yang diberikan untuk mengasah teknik yang telah dikuasai dan menambah penguasaan teknik -- teknik yang baru untuk remaja. Latihan ini terdiri dari dua tahapan, yaitu latihan dengan lawan dan latihan tanpa lawan. Latihan fisik terdiri dari empat materi yaitu fleksibelitas, kekuatan, kecepatan dan daya tahan.

               Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 26 Mei 2019 diikuti oleh sebelas anak terlihat antusias mengikuti pelatihan ini, hal tersebut terlihat saat anak fokus dan tertib mengikuti arahan instruktur. " Saya sangat senang mengikuti pelatihan ini, karena saya memperoleh pengalaman dan pengetahuan baru tentang olahraga gulat" tutur salah satu peserta.

Praktik Langsung Peserta Pelatihan Gulat oleh Remaja Desa Glanggang Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Minggu (26/5/2019)
Praktik Langsung Peserta Pelatihan Gulat oleh Remaja Desa Glanggang Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Minggu (26/5/2019)

Penulis : Lulut Gilang Saputra & Siti Fatimah

KONTEN MENARIK LAINNYA
x