Mohon tunggu...
KKN Kelompok 09
KKN Kelompok 09 Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN Kolaboratif Peduli Semeru

Kelompok 09 bertempat di Dusun Gunung Gending, Desa Penanggal Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kegiatan Pendataan Pengungsi oleh Mahasiswa KKN Kelompok 09 di Dusun Gunung Gending

16 Februari 2022   20:10 Diperbarui: 16 Februari 2022   20:15 56 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kegiatan Pendataan Pengungsi (dokpri)

Lumajang, 07 Februari 2022. Setelah terjadinya erupsi semeru beberapa waktu lalu, banyak dari masyarakat yang terkena oleh dampaknya, seperti kehilangan tenpat tinggal, hilangnya hewan peliharaan, susahnya anak-anak dalam bersekolah, dll. Namun, dampak erupsi semeru tersebut tidak terkena langsung oleh masyarakat dusun gunung gending. Melainkan dusun gunung gending menjadi tempat singgah sementara untuk pengungsi yang terkena dampak langsung dari erupsi semeru.

Kegiatan Pendataan Kesalah Satu Rumah Pengungsi (dokpri)
Kegiatan Pendataan Kesalah Satu Rumah Pengungsi (dokpri)

Dalam hal ini, mahasiswa KKN Universitas Jember  Kelompok 09 memperoleh tugas baru yang diamanahkan untuk mendata para pengungsi yang ada di dusun gunung gending. Tugas ini merupakan amanah dari BPDB (Badan Penangulangan Bencana Daerah). Pendataan ini dilakukan kepada tiap-tiap KK yang bertempat di rumah pengungsian dusun gunung gending. Dari pendataan pengungsi ini terdapat 13 kepala keluarga yang bertempat di dusun gunung gending, yang mana kebanyakan berasal dari desa terdampak, seperti curah koboan dan sumberwuluh. Pendataan ini dimaksudkan untuk memperoleh data yang akurat dengan cara mendatangi rumah-rumah yang menjadi tempat singgah mengungsi.

Diharapkan dengan adanya pendataan ini dapat membantu pihak BPDB dengan masyarakat dalam hal penyaluran bantuan yang akan dirancang kedepannya untuk masyarakat yang terkena dampak erupsi semeru.  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan