Era industri 4.0 ini merupakan era industri yang sangat berbeda dibandingkan dengan era-era sebelumnya. Banyak terjadi disrupsi teknologi, ekonomi, perusahaan, kesehatan dan juga disrupsi dalam bidang pendidikan.
Ketika terjadi pandemi di negara Indonesia, yang berkepanjangan seperti tahun-tahun kemarin di tahun mulai 2019 hingga tahun 2021, pada masa itu banyak sekali perusahaan yang gulung tikar, banyak dari pendidikan yang harus dilakukan di rumah masing-masing tanpa ketemu dengan tutornya atau dosennya atau gurunya secara langsung.Â
Hal ini menunjukkan bahwa era 4.0 benar-benar harus dijalankan semaksimal mungkin yaitu model strategi pendidikan, strategi ekonomi, strategi bisnis, dan juga berbagai macam aspek kehidupan harus dilakukan secara cepat dan tersampaikan tanpa hambatan jarak dan waktu.
Era Digital SEO dan Sosial Media Marketing
Begitu pula juga strategi marketing. Strategi marketing di era 4.0 ini menjadi hal yang paling krusial bagi perusahaan ketika terjadi pandemi di era-era sebelum tahun 2022 yang lalu. Maka dari itu strategi marketing dewasa ini berkembang sangat pesat.Â
Merambah di dunia internet secara keseluruhan mulai dari SEO, SEM, Marketplace, Sosial Media, hingga iklan sosial media berbagai macam aktivitas di bidang video seperti reels di Instagram, video di tik tok reguler dan bisnis, short video di YouTube dan berbagai macam cara strategi marketing yang dijalankan oleh masyarakat secara luas di seluruh dunia.
Maka dari itu pengembangan strategi marketing untuk memasarkan sebuah produk di bidang bisnis masing-masing di dalam masyarakat baik mulai bisnis kuliner, bisnis travelling, bisnis kerajinan, bisnis kesenian, bidang kesehatan, pelayanan masyarakat secara publik dari pemerintah dan lain sebagainya, itu mesti dikenalkan secara publik agar tidak terjadi keputusasaan dimasyarakat sebab ekonomi yang terhambat karena bingung bagaimana cara memasarkan sebuah produk atau jasa yang dimiliki.
Semua hal mengalami perubahan yang sangat pesat. Sebagai contoh ketika kita ingin membeli sesuatu seperti kebutuhan sembako yaitu beras, telur, atau yang lain itu cukup dengan menggunakan fasilitas marketplace dan sosial media yang akan menghubungkan kita melalui chatting dan juga WhatsApp, sehingga pembeli tidak perlu langsung datang ke tempat penjual dan penjual bisa langsung mengirim melalui layanan yang tersedia semisal kurir dan sebagainya.
Strategi marketing di bidang bisnis penjualan produk dan jasa, mengandalkan strategi SEO, Social Media, Search Engine Marketing dan sebagainya. Maka sangat penting bagi perusahaan untuk memiliki wadah atau media presentasi secara online yaitu website untuk bisa dimaksimalkan sebagai senjata marketing di era industri 4.0 ini.
Edukasi Marketing Online Untuk Membuka Hambatan Proses Pemasaran
Pembelajaran strategi marketing dengan SEO, Sosial Media dan Search Engine Marketing, dapat dilakukan secara online juga melalui tutorial-tutorial yang tersebar di internet di jajaran listing Google, bisa juga tutorial tersebut ditemukan di tempat-tempat seperti grup-grup facebook, grup whatsapp, grup telegram yang khusus memberikan materi pelatihan untuk pembelajaran seo secara online.Â
Demi menghadapi era industri 4.0 ini. Seringkali para pebisnis, perorangan dan pengrajin di wilayah setiap daerah mereka memiliki tingkat kesulitan dalam hal pemasaran yang berbeda-beda. Karena, pengetahuan dari mereka sebagian ada yang belum mengenal SEO, ada yang sudah mengenal SEO, ada yang malah mengenal Sosial Media Marketing, maka dari itu penting kiranya bagaimana informasi tentang bagaimana strategi marketing di sebuah ruaskan kepada khalayak publik dan juga memberi edukasi kepada masyarakat agar tahu bagaimana cara menjual produk atau jasa secara online.