Mohon tunggu...
David Abdullah
David Abdullah Mohon Tunggu... Pegiat rebahan

Rebahanlah, sebelum rebahan dilarang.

Selanjutnya

Tutup

Atletik Pilihan

Dewa Kipas Dihajar GM Irene, Main Catur Harus Jujur!

23 Maret 2021   00:26 Diperbarui: 23 Maret 2021   03:04 2201 53 27 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dewa Kipas Dihajar GM Irene, Main Catur Harus Jujur!
Dewa Kipas versus GM Irene Sukandar. | CNNIndonesia.com

Hanya mereka yang bermain jujur yang pantas disebut pemain catur sejati. Penggunaan "chess engine" tentu bisa mencederai permainan.

Laga catur yang disaksikan langsung oleh lebih dari 1,1 juta pasang mata ini berawal dari kericuhan antara netizen penggemar Gotham Chess dan Dewa Kipas.

Kedua pihak saling "adu barbar" karena Dadang Subur alias Dewa Kipas dituding bermain curang dengan memakai "chess engine" pada laga yang tersaji via laman Chess.com tersebut.

Bahkan, duel barbar netizen yang terjadi di jagat media sosial (Twitter) jauh lebih semarak dibanding dengan jalannya laga kedua pemain itu sendiri.

Banyak netizen yang mendesak Dadang guna membuktikan kemampuan secara luring atau tatap muka demi mengakhiri polemik sekaligus ajang pembuktian diri.

Polemik semakin meriah ketika pecatur profesional, termasuk pula dari Percasi, meragukan kehebatan Dadang. Mereka menyebut, langkah-langkah yang kerap diambil Dadang layaknya langkah robot.

Hal itu mereka buktikan dari rekam jejak langkah Dewa Kipas tatkala bermain via Chess.com. Dengan Elo rating yang amat tinggi dan langkah-langkah yang nyaris sempurna, ia bisa mengalahkan GM asal Norwegia, Magnus Carlsen, sekalipun!

Tidak dinyana, tantangan justru datang melalui perwakilan dari PB Percasi, alih-alih menggelar rematch dengan pecatur AS, Levy Rozman alias Gotham Chess.

Setelah sempat terjadi drama tarik ulur, pada akhirnya duel WGM (Woman Grand Master) Irene Sukandar melawan Dadang digelar atas prakarsa Deddy Corbuzier.

Seperti yang telah saya prediksikan jauh-jauh hari, Dadang tidak berada pada level yang sama dengan GM Irene. Dewa Kipas bukanlah musuh sepadan untuk seorang WGM yang sudah mencetak banyak rekor dan prestasi di dunia percaturan nasional serta internasional.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN