Mohon tunggu...
Kintan Rezkia
Kintan Rezkia Mohon Tunggu... Mahasiswa Gizi

Mahasiswa Gizi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

"Gerakan Jateng di Rumah Saja" Bikin Bosen? Siapa Bilang, Mahasiswa KKN Undip Undang Ibu-ibu Balita Chattingan "Produktif"

14 Februari 2021   18:07 Diperbarui: 15 Februari 2021   11:24 24 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Gerakan Jateng di Rumah Saja" Bikin Bosen? Siapa Bilang, Mahasiswa KKN Undip Undang Ibu-ibu Balita Chattingan "Produktif"
Kegiatan

Desa Kelangdepok, Bodeh(7/2) -- Pemenuhan gizi anak harus tetap diperhatikan untuk menjaga imunitas anak agar terhindar dari infeksi virus COVID-19. Oleh karena itu, perlu dilakukan "Edukasi Praktek Pemberian MPASI yang sesuai dengan usia Anak" yang kemudian disingkat sebagai "EMAN" dengan sasaran para ibu-ibu yang memiliki anak balita (bawah usia 5 tahun) di Desa Kelangdepok. Kegiatan edukasi ini ditujukan agar dapat memberi informasi mengenai praktek pemberian MPASI yang sesuai usia dan keadaan anak.

Selain itu, masih ada ibu-ibu yang hanya "ikut-ikutan" tren pemberian MPASI juga membuat kegiatan ini penting untuk dilakukan agar ibu-ibu dapat mengetahui praktek pemberian MPASI yang tepat. Sejak diberlakukannya Gerakan Jateng di Rumah Saja, para warga dihimbau untuk tidak keluar rumah, sehingga kegiatan Edukasi Praktek Pemberian MPASI yang sesuai dengan usia Anak atau disingkat EMAN ini dilaksanakan secara daring.

Edukasi ini dilakukan secara daring melalui media social yaitu WhatsApp dan menggunakan media booklet yang dibagikan dalam format gambar dengan pengertian MPASI, akibat pemberian MPASI yang tidak sesuai usia anak, pemberian MPASI yang sesuai dengan usia dan kondisi anak termasuk sakit, MPASI pabrikan dan TIPS untuk para ibu ketika anak sulit makan. Sebelum dilakukan edukasi dilakukan terlebih dahulu pre test dengan metode mengisi google form yang telah disusun dan setelah selesai edukasi dilakukan pula post test dengan metode yang sama dengan pre test untuk mengetahui adakah peningkatan pengetahuan dari peserta.

Ketika kegiatan berlangsung ibu-ibu menunjukkan keaktifan dan antusiasme. Walaupun beberapa ibu tertinggal ketika penyampaian berlangsung karena kesibukannya, namun tidak menyurutkan semangat dan antusiame sang ibu untuk mengikuti materi yang disampaikan. 

Saat sesi tanya jawab, kebanyakan para ibu bertanya terkait pemberian MPASI yang mereka lakukan apakah sudah tepat adapula yang meminta saran agar anaknya mau makan walaupun sudah mengikuti tips-tips yang sama hampir mirip dengan materi. Di akhir kegiatan para ibu berterimakasih atas adanya kelas "EMAN" ini dan berharap agar terdapat kelas secara tatap muka.

Diharapkan setelah edukasi ini, para peserta kegiatan tidak hanya mengetahui bagaimana praktek pemberian MPASI yang sesuai dengan usia dan keadaan anak tetapi juga dapat menerapkannya.

Penulis : Kintan Sekar Ayu Rezkia

Pembimbing KKN : Ir. Sutrisno M.P.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x