Ngesti Setyo Moerni
Ngesti Setyo Moerni Ibu Rumah Tangga, TP PKK KTS, Konsentrasi di Lingkungan(Mentor Mengolah Sampah Skala Rumah Tangga, penghijauan, tanaman obat dan lain-lain) dan lain-lain

Berusaha mengurangi yang berakibat rusaknya Lingkungan, dimulai dari diri ku sendiri dan Keluarga

Selanjutnya

Tutup

Energi Pilihan

Mengenal Lebih Dekat Pertamax yang Ramah Lingkungan

30 Oktober 2017   18:30 Diperbarui: 30 Oktober 2017   19:51 931 2 2
Mengenal Lebih Dekat Pertamax yang Ramah Lingkungan
Pom bensin Pertamina, gambar Koleksi Pribadi

Terkadang, ketika kita menggunakan Bahan Bakar Minyak[BBM], kita tidak mau tahu dan tidak mau mempelajari apa isi yang terkandung didalam BBM tersebut, sehingga tidak benar-benar paham apa yang digunakan selama ini untuk kendaraan yang dipkai dalam keseharian. Apakah benar sudah sesuai dengan kebutuhan dari mesin kendaraan kita atau jangan-jangan malah merugikan. 

Seperti misalnya Pertamax,apa keuntungannya menggunakan Pertamax. Pertamax yang di produksi oleh perusahaan energi terbesar di Indonesia yaitu Pertamina, ternyata banyak sekali membawa unsur keuntungan bagi konsumennya.

Memang benar, semakin berusia kekinian, suatu usaha dengan berbagai hasil apalagi telah melewati perjalanan panjang tentunya akan menemukan banyak pengalaman dengan berbagai percobaan oleh para ahli didalamnya dengan menghasilkan temuan-temuan baru. Kesemua hasil produk yang didapatkan berguna bagi sesuatu yang memang seharusnya semakin membawa dampak kebaikan terhadap lingkungan terkhusus yang berhubungan dengan kehidupan mahluk penghuni Bumi.

Hal ini sudah dilaksanakan dan dibuktikan oleh Pertamina sejak tahun 1999 di Bulan Desember. Pertamina mengadakan pembaharuan Prodak BBM dengan memproduksi Bahan Bakar Minyak berlebel  Pertamax dengan efek pembakaran bahan bakar pada kendaraan bermotor tidak mengandung timbal.

Dimana timbal ini turut berperan dalam rusaknya lingkungan penyebab polusi udara, dengan kandungan gas beracun.


Beberapa kelebihan utama yang dimiliki Pertamax

Pertamax merupakan produk unggulan Pertamina sebagai Bahan Bakar Minyak[BBM] non subsidi, dengan oktan tinggi mencapai nilai angka oktan 92. Oktan atau Research Octane Number (RON) yang lebih tinggi dari Premium, dan Pertalite.

Karena tuntutan kemajuan zaman dengan penemuan mesin yang semakin canggih dan efisien sehingga kendaraan-kendaraan diera 2000 keatas, mesin-mesin kendaraan baru dibuat sedemikian rupa, sehingga menemukan pencapai kompresi 9,1 -- 10,1. Buatan mesin-mesin tersebut telah menggunakan tehnologi setara [EFI] Electronic Fuel Injection dan catalytic convertoers[penggubah katalitik].

Dalam hal ini BBM Pertamax lah yang tepat dapat klop bisa siap mampu melayani kencangnya perputaaran mesin yang sudah ber kompresi tinggi. Untuk itu Pertamax sangat direkomendasikan  bagi kendaraan yang menggunakan tehnologi Injeksi.

Guna mencapai efisiensi kerja pada bahan bakar atau irit bahan bakar maka dari itu mesin dibuat dengan kompresi tinggi lalu Pertamina menyiapkan BBM ber-oktan tinggi guna mencapai kebutuhan kerja pada mesin sehingga menghasilkan tenaga lebih maximal dan kadar gas buang atau emisi menjadi lebih minim.

Tetap harus melihat kondisi kebutuhan BBM kendaraan

Namun demikian, kita juga perlu memperhatikan nilai Rasio kompresi dari kendaraan kita, jika nilai kompresinya rendah tidak perlu mengisi BBM dengan oktan yang tinggi, sebab akan mengakibatkan penumpukan kerak  pada ruang bakar, juga pada klep, karena jika semakin tinggi nilai oktan akan terjadi titk bakar lebih tinggi dan pembakaran pada BBM lambat sehingga sulit menguap.

Pertamax merupakan suatu kemajuan hasil produk yang memuaskan, kenapa memuaskan? Produk Pertamax ini unggul dalam menekan gas buang beracun tanpa kandungan timbal didalamnya sehingga ramah lingkungan ataupun tidak memberikan dampak buruk pada lingkungan. Sebenarnya tujuan Pertamina membuat produk Pertamax antara lain turut membantu memelihara mesin kendaraan yang menggunakan BBM Pertamax, oleh karena itu Pertamina menambah zat aditif  pada saat proses pengolahan di kilang minyak berlangsung. Guna membantu membersihkan kerak yang terjadi pada mesin agar tidak berkarat, itu artinya membantu menjaga dalam hal Pemeliharaan mesin kendaraan yang menggunakan BBM Pertamax.

Menurut pengalaman, ketika menggunakan BBM Pertamax, mesin mobil menjadi ringan dan langsam saja, pedal gas juga terasa enteng dan larinya "cling". Tidak ada geredet sedikitpun ngebrebet atau gangguan yang ngegelitik pada mesin ketika mobil diajak berlari. Seperti sudah dijelaskan diatas, karena Pertamax oktannya[Research Octane Number] RON tinggi, lebih tinggi dari Premium dan Pertalite, maka Pertamax mampu  menerima tekanan pada mesin yang berkompresi tinggi, sedangkan pergerakan piston nya dapat bekerja secara optimal dan penggunaan BBM Pertamax menjadi maximal, tak terjadi knocking sama sekali. Itu artinya Piston tidak sering diganti.

Bagan struktur produk diesel. Gambar dari Pertamina
Bagan struktur produk diesel. Gambar dari Pertamina

Produk BBM dari Pertaminaantara lain.

Pertamax Racing  [Ron100]

Pertamax Turbo    [Ron 98]

Pertamax               [Ron 92]

Pertalite                 [Ron 90]

Premiun                 [Ron 80]

Realisasi penjualan BBM. Gambar dari Pertamina
Realisasi penjualan BBM. Gambar dari Pertamina

Di tahun 2017 penjualan BBM Pertamax Meningkat tajam

Mungkin adanya kesadaran pemilik kendaraan akan kelebihan dari Pertamax, maka banyak pemilik kendaraan yang memilih Pertamax sebagai bahan bakar kendaraannya.

Masih banyak faktor yang menyebabkan kenaikan penjualan Pertamax, adanya penurunan harga dikarenakan harga minyak mentah dipasaran Dunia turun naik pada waktu it sehingga sempat beberapa kali Pertamax diturunkan harganya, 0leh sebab itu banyak konsumen yang beralih ke BBM Pertamax

Ditambah lagi dengan kondisi libur Nasional dekat dengan akhir pekan-Long week end yang digunakan untuk mudik atau jalan-jalan keluar kota. Dengan demikian mereka para pelancong atau wisatawan lokal akan menghabiskan puluhan ribu liter bahan bakar minyak.

Permintaan tinggi akan bahan bakar minyak Pertamax ini terjadi ketika saat mendekaati Lebaran. Hal ini sudah diantisipasi oleh pertamina dengan Adanya 6800 outlet lembaga penyalur menyebar diwilayah Indonesia, yang dikendalikan oleh Pertamina siap melayani .  

Banyak diisukan bahwa harga Pertamax mahal, tetapi jika menarik kesimpulan keuntungan apa saja yang kita dapatkan ketika kita menggunakan BBM Pertamax?

  • Mesin-mesin menjadi awet. Tidak sering mengganti onderdil terutama piston.
  • Penggunakan bahan bakarnya irit karena mendapatkan pembakaran yang sempurna
  • Ramah Lingkungan, dengan adanya pembakaran yang sempurna, antara kompresi tinggi dengan oktan tinggi jadi sesuai, emisi gas buangnya tidak terlalu berbahaya.

Catatan Jika kita tepat dalam memilih produk BBM jenis Pertamax  secara otomatis kita sudah memelihara mesin kendaraan kita sendiri termasuk didalamnya juga ikut menjaga lingkungan kita yang tak tercemar oleh Bahan Bakar Minyak yang kita gunakan, utamanya  ramah lingkungan, disamping membantu Pemerintah dalam hal pemasukan kas Negara. 

Salam Pertamax

-Ngesti Setyo Moerni