Mohon tunggu...
Fidia Larakinanti
Fidia Larakinanti Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

Just look a little bit closer to me. Then, you'll find that I'm very interesting and hard to know. I'm just a little bit extraordinary.

Selanjutnya

Tutup

Healthy

11 Langkah Mewujudkan Impian

14 November 2010   05:19 Diperbarui: 26 Juni 2015   11:38 333
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Pada tulisan saya yang terdahulu, saya telah memaparkan bagaimana pentingnya mempunyai mimpi dalam hidup kita. Kali ini, saya akan membagikan bagaimana langkah untuk mencapai dan mewujudkan impian kita. Inilah langkah – langkahnya :

1.Tuliskan Semua Impian dalam Selembar Kertas

Ambil selembar kertas ukuran A3, lalu tuliskan semua impian yang ada dalam kepala kita. Mulai dari impian yang wajar sampai impian yang aneh. Semua sah – sah saja.

2.Jangan Terlalu Muluk

Seleksilah impian yang telah kita tulis. Yang terlalu muluk dan tidak mungkin mampu kita wujudkan sebaiknya segera dicoret dari daftar impian kita.

3.Pupuk Semangat dalam Diri

Kalau kita tidak semangat, selalu bermalas-malasan, dan lalai dalam melihat kesempatan, maka impian kita tidak mungkin akan terwujud. Jadi, jangan tunggu sampai kita tidak mampu. Lakukan sekarang dengan penuh semangat dan penuh perjuangan.

4.Atur Strategi Pelaksanaan

Sebelum menjalankan misi kita untuk meraih impian, harus ada strategi agar tercapai. Atur rencana sedetail mungkin. Kalau ada yang tidak tahu, jangan pernah takut untuk bertanya kepada orang yang lebih berpengalaman.

5.Tentukan Deadline

Buat papan besar di kamar. Lengkap dengan jadwal kapan terlaksananya dan target pencapaiannya, perlengkapan, dan pernak – pernik agar tetap menjadi penyemangat kita. Semakin menarik papan pengingat yang kita buat, maka semangat kita akan semakin terpacu saat melihatnya.

6.Siapkan Hadiah Spesial

Setiap kita berhasil melakukan satu tahap dalam mencapai impian kita, hadiahkan kado super spesial untuk diri sendiri. Walaupun kedengaran agak narsis, kado bisa bikin kita makin percaya diri.

7.Berani Hadapi Cobaan

Cobaan akan terasa berat karena diri kita sendiri yang membuatnya terasa berat. Jadi, semua tergantung pada pikiran kita. Cobaan itu akan terasa semakin berat atau akan terasa hanya seperti kerikil kecil yang ada di sepanjang jalan kita menuju impian kita.

8.Sharing dengan Teman

Ketika kepala kita sudah sedikit pusing untuk memikirkan bagaimana cara meraih impian kita, istirahatlah sejenak dan sempatkan waktu untuk berkumpul bersama teman – teman. Mencurahkan segala yang ada dalam kepala kita kepada teman kita bisa memunculkan ide – ide baru yang bisa memompa semangat kita.

9.Harus dalam Keadaan Fit

Rajin – rajinlah memelihara kesehatan tubuh, karena kita tidak mungkin menjalankan semua rencana yang telah kita susun dalam keadaan yang sedang tidak fit. Jangan sia – siakan masa muda kita hanya karena penyakit yang sebenarnya dapat kita cegah.

10.NIkmati Saja Prosesnya

Tidak mungkin hanya dengan melihat bintang yang jatuh lantas mimpi kita akan tercapai. Walaupun membutuhkan proses yang lama, nikmati saja prosesnya. Jika kita menikmati prosesnya, maka kita akan merasa bahagia dan bersemangat dalam mencapai impian kita.

11.Jangan Lupa Berdoa

Last but not least, jangan pernah meremehkan kekuatan Tuhan. Dengan rajin berdoa, kekuatan kita jadi bertambah dan kita tidak akan gentar dalam menghadapi cobaan apapun. Kalaupun hasilnya tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan, paling tidak kita harus berterima kasih kepada Tuhan karena telah menjadi sumber kekuatan utama dalam diri kita.

Itulah 11 langkah dalam mewujudkan impian kita. Semoga tulisan ini bisa berguna bagi Anda semua yang membacanya dan menjadi motivasi untuk berani mewujudkan impian kita.

( dari berbagai sumber )


Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun