Mohon tunggu...
Krisna Tama
Krisna Tama Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Sosok pemuda yang berharap memiliki kekuatan sihir Harry Potter

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Tren Make Up Korea: Dampak Korean Wave?

19 April 2022   01:55 Diperbarui: 19 April 2022   02:06 1113
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Produk budaya Korea yang semakin berkembang secara global membuat perubahan yang cukup besar terhadap tren kebudayaan dunia. Mulai dari produk budaya musik, makanan, style, make up dan perawatan kulit. Jika ditilik lebih spesifik, produk budaya Korea berseakan menjadi konsumsi wajib masyarakat dunia termasuk Indonesia. K-drama, K-pop, K-style, dan K-make up acap kali menjadi tranding topic di banyak situasi, melalui perkembangan yang sangat pesat tersebut, secara tidak langsung andil mematahkan stigma isu “Asian Hate” di beberapa Negara.

Korean Wave yang berseakan sudah menjadi konsumsi wajib bagi masyarakat Indonesia, ditandai dengan euforia Idol sampai menjamurnya restoran makanan khas Korea di Indonesia. 

Sosial media memiliki peran besar dalam proses penyebaran informasi kebudayaan, banyak aplikasi – aplikasi yang bisa di akses oleh semua kalangan, informasi banyak tersebar dan dapat diakses dengan mudah. 

Misalnya saja tren aplikasi video pendek asal Tiongkok, TikTok. Aplikasi ini menempati posisi pertama untuk kategori pemutan musik dan editor video di playstore dengan lebih dari 100 juta unduhan. Hal ini menjadikan TikTok sebagai media utama penyebaran konten budaya terpopuler beberapa tahun belakangan. 

Bagaimana tidak, ada banyak sekali konten video pendek yang berbau K-pop, K-food, K-style, dan lain sebagainya. Saat ini sudah banyak e-commerce dan juga produk yang memakai jasa Idol K-pop sebagai brand ambassador produk mereka. Misalnya saja Aplikasi Shopee yang menggandeng Girlband Blackpink dan Scarlett yang menggandeng Song Joong-Ki.

Percaya tidak percaya, K-Make up telah berkembang secara pesat dengan berbagai inovasi produk dan look sehingga menjadikannya kiblat make up dunia menggantikan American Make up style. Idol – idol Korea yang turut mempopulerkan tren ini patut mendapat apresiasi, karena bukan sekadar omongan belaka, Korean Wave yang kita rasakan beberapa tahun belakangan ini telah nyata turut mempengaruhi tren make up dunia. Beberapa inovasi produk make up skincare Korea seperti BB cream dan cushion berhasil menambah jajaran produk make up wajib saat ini.

Tahun 2015 dunia merasakan euforia Kylie Jenner Make Up Look Tren (Salah satu America’s trend make up). Tren make up ini mendominasi melalui ciri khas penggunaan make up bold dan bibir tebal yang terlihat seksi. Namun di era sekarang, Kylie Jenner Make Up Look dinilai sebagai make up yang terlalu mencolok dan terkesan norak. K-make up hadir menggantikan posisi “populer” untuk kategori make up look tren melalui ciri utamanya yang dewy, glass skin, natural, dan glow.

Mayoritas masyarakat Korea Selatan menganggap bahwa kulit bersih, putih, mulus tanpa pori bak sebening kaca merupakan ciri dari dari kulit yang sehat, dan mempermudah mereka mengaplikasikan make up. Karena tren ini, muncul look baru dalam dunia make up, yaitu make up look glass skin

Sebelum memakai produk make up, biasanya orang Korea mengaplikasikan skincare dahulu. Kemudian dilanjut memakai base make up seperti primer dan kemudian dilanjut dengan penggunaan cushion. Hal ini bertujuan agar make up yang diaplikasikan lebih smooth, produk make up lebih muda menyatu, dan tidak merusak kulit wajah karena sudah terlindungi dengan produk skincare.

Kita ketahui bahwa make up look Amerika memperkenalkan ciri look bold dengan alis tebal, berbeda dengan look K-Make up yang mengenalkan tren alis dengan warna dan bentuk yang natural. Inilah salah satu alasan mengapa look K-Make up lebih populer saat ini, karena tidak berlebihan, terlihat natural, dan looknya nyaman walaupun diaplikasikan untuk sehari – hari. K-Make up look juga menggunakan pink blush dan tidak lagi mengenalkan hard contour ataupun bulu mata palsu karena mayoritas masyarakat Korea lebih mengutamakan perawatan.

Make up male look, juga mengisi tren Korean Make Up. Bukan rahasia umum seorang Idol K-pop harus terlihat lebih Flawless sehingga mengharuskan mereka menggunakan riasan. Produk yang digunakan dalam make up male kurang lebih sama layaknya produk make up wanita namun tidak terlalu mencolok. Look masih berdasar pada prinsip no make up make up look

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun