Mohon tunggu...
Kuntum Khaira Ummah (19170038)
Kuntum Khaira Ummah (19170038) Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Pribadi
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Hanya seseorang yang ingin belajar.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Apakah Pengajaran Kooperatif Itu Sama dengan Kerja Sama? Ayo Simak Lebih Jelas

17 April 2020   23:16 Diperbarui: 17 April 2020   23:16 1116
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Halo semuanya!

     Kembali lagi dengan saya, kali ini saya akan menyampaikan mengenai pengajaran kooperatif. Sebelum menelisik lebih dalam mengenai pengajaran kooperatif ini alangkah baiknya jika kita sedikit mengulas kembali mengenai apa itu model pembelajaran. Model pembelajaran terdiri dari dua kata yaitu, "model" dan "pembelajaran. Kata model mempunyai arti sebagai interpretasi terhadap hasil observasi dan juga pengukuran yang telah diperoleh dari bermacam macam atau dari berbagai system. Model pembelajaran merupakan suatu dasar atau landasan praktik  pembelajaran hasil dari penurunan teori psikologi Pendidikan dan teori belajar yang telah dirancang atau disusun berdasarkan dari analisis terhadap implementasi kurikulum dan juga implikasinya pada tingkat operasional di kelas.

     Model pembelajaran mengarah pada suatu pendekatan yang akan digunakan, termasuk di dalamnya tujuan dari pembelajaran, tahap dari setiap kegiatan pembelajaran, lingkungan dari pembelajaran, dan juga pengelolaan di dalam kelas. Model pembelajaran telah merangkap atau mencakup semua penerapan dari suatu pendekatan, metode, dan juga Teknik Teknik dari pembelajaran. Dari beberapa cakupan seperti pendekatan pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, Teknik dan taktik pembelajaran yang dirangkai menjadi satu kesatuan yang utuh yang akan membentuk apa yang disebut dengan model pembelajaran. Model pembelajaran tersebut pada dasarnya merupakan suatu bentuk pembelajaran yang dapat tergambar dari awal sampai akhir dan juga yang akan disajikan secara khas oleh guru. 

     Pendekatan pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, Teknik dan taktik pembelajaran dirangkai menjadi satu kesatuan yang utuh, maka hal tersebut akan membentuk apa yang disebut atau dikatakan dengan model pembelajaran. Model pembelajaran pada dasarnya yaitu suatu bentuk pembelajaran yang tergambar  dari awal hingga ke akhir yang telah di sajikan secara khas oleh guru.

     Nah, kita sudah membahas sekilas mengenai apa itu medote pembelajaran. Sekarang kita akan menitik beratkan atau focus untuk membahas mengenai metode pembelajaran kooperatif. Setelah metode pembelajaran, sekarang apalagi itu yang disebut dengan pembelajaran kooperatif?

      Pembelajaran kooperatif lebih mengarah pada berbagai macam metode metode pengajaran, yang mana para siswa dapat bekerja dalam suatu kelompok atau kelompok kelompok kecil untuk dapat saling membantu antara mereka satu sama lainnya dalam mempelajari suatu materi pelajaran. Dalam kelas kooperatif diharapkan kepada para siswa agar dapat saling tolong menolong bantu membantu, saling mendiskusikan atau bermusywarah dan dapat menyampaikan aspirasi atau pendapat yang akan berguna untuk lebih memahami mteri pada pembelajaran. Dengan demikian itu semua dapat menutupi kesenjangan yang terjadi dan dapat menunjang dalam prestasi belajar siswa. Pembelajaran kooperatif dapat didefinisikan sebagai sebuah pendekatan dalam mengajar yang mana para siswa bekerja sama antara satu dengan yang lainnya dalam kelompok yang telah disusun atau yang telah dibagi / diberikan oleh guru dalam memecahkan atau menyelesaikan tugas-tugas yang terstruktur. Pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran yang dirancang untuk mengajarkan kemampuan akademik sekaligus keterampilan sosial (interpersonal).

     Dari penjelasan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa pada hahekatnya pembelajaran kooperatif itu sama dengan kerja kelompok atau team. Model pembelajaran kooperatif tidaklah sama dengan sekedar belajar yang ada dalam sebuah kelompok. Bukan. Ada unsur unsur dasar mengenai pembelajaran kooperatif yang dapat membedakannya dengan pembagian kelompok yang dilakukan dengan cara asal asalan. Terdapat 5 unsur dasar pembelajaran kooperatif yang dapat membedakannya dengan kerja kelompok, yaitu:

a) positif independence

merupakan suatu hubungan tibal balik yang sudah didasari dengan adanya kepentinganyang sama antara kelompok yang mana keberhasilan yang dicapai seseorang merupakan keberhasilan yang berbeda juga atau sebaliknya.

b) interaction face 

merupakan suatu interaksi langsung secara tatap muka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun