Mohon tunggu...
Wahyu Barata
Wahyu Barata Mohon Tunggu... Marketing Perbankan

Wahyu Barata.Lahir di Garut 21 Oktober 1973. Menulis puisi, cerita pendek,dan artikel. Tulisan-tulisannya pernah dimuat di Sari Kata, majalah Aksara , Media Bersama, Kompas, Harian On Line Kabar Indonesia, beberapa antologi bersama, dan lain-lain.Kini bekerja sebagai marketing perbankan tinggal di Bandung.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Agar Buka Bersama Virtual Berkesan

26 April 2021   00:17 Diperbarui: 26 April 2021   01:55 347 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Agar Buka Bersama Virtual Berkesan
Foto Dokumentasi Pribadi

Di akhir pekan kemarin saya dan ibu menerima video call dari adik-adik pada saat berbuka puasa. Adik saya tinggal di Bali dan adik ipar saya (istri adik bungsu) tinggal di Bandung.Setidaknya kami masih bisa saling bertatap muka secara on line., saling bertukar cerita sambil bercanda tawa, saling share menu buka puasa dan sahur.

Di masa pandemi Covid-19, buka bersama virtual mengobati rindu meskipun hanya dengan interaksi on line, di saat kita mengharap berkah dari Allah untuk ibadah suci Ramadhan dengan orang-orang terdekat. Apa lagi untuk orang-orang yang tinggal dan bekerja di zona merah.

Selama masih bisa terhubung ke internet, buka bersama virtual yang penuh keakraban menjadi perekat hubungan sosial, menjadi ajang reuni, menyambung silaturahmi dengan keluarga, saudara,  dan teman-teman, yang sudah lama tidak berjumpa. Kita sudah biasa melakukannya dengan menggunakan aplikasi video call, lewat zoom atau aplikasi whatsapp yang bisa menampung delapan orang. Tetapi untuk orang tua harus lama dulu beradaptasi setelah kita bimbing.

Banyak aplikasi yang mendukung video call, di antaranya Google Hangouts, Zoom, Smoothy, Skype, dan kalau kita punya Face Time bisa menampung 32 peserta.

Beberapa ide fun yang bisa kita lakukan saat mengadakan buka bersama virtual bersama teman-teman : 

1). Sebaiknya dalam menentukan waktu yang tepat untuk buka bersama virtual, kita memilih tanggal di mana semua teman kita sedang tidak sibuk. Sebab kalau melakukannya pada hari yang spesial akan berkesan.

2). Mengatur daftar undangan, menjadi tugas tersulit saat merencanakan buka bersama ataupun buka bersama virtual. Sebagian orang mungkin ingin mengundang setiap anggota keluarga, saudara, teman, kolega, rekan kerja, dan tetangga.Tetapi kalau kita ingin buka bersama virtual berenam saja dengan teman terdekat, daftar undangannya bisa diedit.Kita bisa mengirim undangan elektronik yang menyatakan waktu acara, tautan ke acara, kode akses.

3). Mengenakan pakaian bertema biar seru meskipun di rumah saja. Tidak salah kalau kita dan teman-teman berpakaian dengan tema seragam. Misalnya tema batik atau busana Islami untuk buka bersama virtual.

4). Kita bisa menyiapkan makanan dan minuman berbuka puasa yang bisa kita nikmati bersama teman secara virtual. Saya juga kemarin menentukan dulu lima orang teman terdekat yang akan saya ajak buka bersama virtual. Lalu saya membeli ayam geprek yang bisa dibeli on line dan dikirim dengan go food ke alamat masing-masing. Ketika tiba saatnya berbuka puasa saya video call mereka untuk sama-sama menikmati buka bersama virtual berenam.

Atau kita bisa menggunakan aplikasi Yummy untuk mencoba berbagai menu masakan. Pilih salah satu resepnya lalu lakukan seperti seorang chef profesional, biar dilihat followers kita, dan kita bisa menyapa mereka di Live Instagram sambil memasak makanan yang kita contoh dari aplikasi Yummy. Kalau memungkinkan kita mengirimkan makanan itu ke teman-teman agar bisa menyantapnya bersama-sama pada saat berbuka puasa.

5). Sebelum mengadakan buka bersama virtual sebaiknya kita menata pencahayaan dan meja yang mendukung suasana keakraban. Kita bisa menyalakan lilin, menghias meja dengan pernak-pernik ruang makan,  yang biasa kita gunakan untuk acara khusus, sehingga kita merasa sedang berada dalam acara istimewa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN