Mohon tunggu...
Kiki Duwi Andriani
Kiki Duwi Andriani Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - literature english

hi, selamat datang di artikel saya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kegiatan PMKM Mahasiswa Sastra Inggris di MI Khoerul Huda

27 Januari 2022   09:30 Diperbarui: 27 Januari 2022   09:32 115 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

KEGIATAN PENGABDIAN MAHASISWA KEPADA MASYARAKAT (PMKM) SASTRA INGGRIS DALAM  MENINGKATKAN SPEAKING DAN LISTENING SKILL DI MI KHOERUL HUDA DENGAN METODE AUDIO VISUAL

Kami Mahasiswa/i Universitas Pamulang (UNPAM) program studi Sastra Inggris yang tergabung dalam kelompok PMKM  dengan beranggotakan Sepuluh orang yang dibimbing oleh Ibu Erni Susianti Nainggolan, M.Pd, telah melaksanakan Kegiatan Pengabdian Mahasiswa di sebuah Sekolah Dasar di daerah Bogor yang dilaksanakan pada tanggal 10 Januari 2022 lalu. Kegiatan belajar mengajar ini ditujukan kepada Murid kelas VI MI Khoerul Huda yang berlokasi di Cibinong Gunung Sindur, Bogor. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan speaking (berbicara) dan listening (mendengar) dalam berbahasa Inggris.

Di tengah pandemi ini kami juga mencoba memberikan edukasi agar tetap menjaga kebersihan dengan menerapkan Prokes mencuci tangan, memakai handsainitizer, dan memakai masker saat di dalam kelas. Menurut salah satu guru Eva Farhana dalam artikel berita CNN, beliau menjelaskan bahwa "Dengan adanya Covid-19 Semua kegiatan termasuk pengajaran tatap muka, menjadi terbatas dan proses penyampaian materi pembelajaran pun terbatas yang mulanya di lakukan selama 4 jam pada satu mata pelajaran kini dilakukan hanya 2 atau paling cepat 1 jam". Maka dari itu, dengan waktu yang sangat terbatas tersebut kami melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar se-efisien mungkin dan semaksimal mungkin demi mencapai tujuan kami yaitu meningkatkan Skill listening dan Speaking pada para siswa.

Kemampuan berbahasa anak merupakan hal yang vital untuk masa depan, terutama di era masa kini, dimana Bahasa Inggris merupakan Bahasa Internasional yang penting untuk di pelajari sebagai alat komunikasi antar Negara. Selain Kemampuan Berbicara atau berbahasa, kemampuan lain yang tidak kalah penting adalah kemampuan listening atau mendengarkan. Menurut English First satu kursus Bahasa Inggris terbaik di Indonesia, "Kemampuan Bahasa Inggris terutama dalam listening Memiliki keterkaitan erat dengan kemajuan suatu negara".

Pada kenyataannya masih banyak siswa yang mengalami hambatan dalam menerima pelajaran bahasa Inggris, ada pula siswa yang tidak begitu paham serta kurangnya minat belajar dalam belajar bahasa Inggris. Adanya permasalahan tersebut maka kami mencoba mencari solusi, yaitu dengan menggunakan metode Audio Visual kami perdengarkan beberapa Kosa Kata  dan Dialog disertai Video yang menampilkan gambar-gambar animasi. Berharap dengan metode ini, para siswa dapat menikmati pembelajaran. 

Dokpri
Dokpri

Untuk meningkatkan skill dan daya ingat mereka, kami meminta mereka membentuk sebuah kelompok yang setelahnya kami akan tayangkan sebuah video dimana mereka harus menebaknya. Bagi kelompok dengan skor terbanyak tentu akan di berikan hadiah. Hal ini pula lah, yang membangun daya tarik mereka terhadap bahasa Inggris. Selain, menimbulkan daya tarik bagi mereka metode ini juga memperkenal kepada mereka jika belajar bahasa Inggris itu mudah dan menyenangkan.

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

Pengajaran  bahasa  Inggris dengan menggunakan video bisa bermanfaat bagi pelajar yaitu; pertama, video bisa memberikan model nyata  kepada  pelajar untuk meniru. Kedua, ketika menyaksikan video, Kemampuan siswa dalam aspek berbicara di tingkat MI masih kurang.

Dalam pembelajaran My Daily Activity, siswa diharapkan mampu dalam berkomunikasi lisan dengan metode langsung. Dengan penggunaan bahasa Inggris yang terus menerus  dipraktikkan  di  kelas, siswa dapat memperbaiki penggunaan bahasa Inggris dengan benar. Guru secara langsung membimbing siswa melalui metode langsung sehingga pembelajaran bahasa  Inggris dalam keterampilan berbicara berhasil diterapkan dengan baik. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan