Mohon tunggu...
Ade Hidayat
Ade Hidayat Mohon Tunggu... Pengembang Software Pendidikan

Live for education and creative

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Strategi Lulus Tes CPNS

11 Juli 2015   01:24 Diperbarui: 11 Juli 2015   01:24 83 0 0 Mohon Tunggu...


Menjadi dibuktikan dengan tingginya jumlah peserta tes CPNS setiap tahunnya. Tes CPNS bukan untung-untungan, tetapi perlu dipersiapkan dengan baik. Walaupun pada kenyataannya untuk lulus tes CPNS sangat sulit karena banyaknya persaingan, tapi ada strategi khusus Anda dapat lulus tes CPNS. Berikut merupakan strategi-strategi lulus tes CPNS, antara lain:

  1. Ikutilah tes CPNS sebanyak mungkin. Sebab, dengan mengikuti lebih banyak tes CPNS, Anda lebih terlatih untuk menghadapi tes CPNS. Dengan begitu, peluang Anda untuk lulus pun semakin besar.
  2. Jangan mudah menyerah. Sebab, kalau hanya satu kali mengikuti tes, kita tidak akan tahu kalau untuk tes berikutnya kita berhasil. Banyak yang lulus ketika mencoba beberapa kali tes.
  3. Utamakan tes CPNS yang memberikan peluang diterima (kuota) lebih besar. Biasanya, peserta CPNS untuk menjadi pegawai di Pemkab/Pemkot/Pemprov umumnya lebih banyak dibandingkan dengan peserta tes CPNS di instansi lain atau di bawah departemen lain.
  4. Banyak berlatih soal-soal tes CPNS, misalnya melalui software simulasi tes CPNS. Dengan banyak berlatih, Anda akan terbiasa menghadapi soal-soal tes CPNS dan jangan belajar dengan SKS (sistem kebut semalam).
  5. Lengkapilah semua informasi tentang instansi pemerintahan yang Anda lamar. Jangan sampai Anda tidak lulus lantaran terlambat mendaftar atau belum melengkapi persyaratan yang diminta.
  6. Lakukan survei lokasi sehari sebelum tes diadakan. Hal ini agar Anda tidak terlambat untuk sampai ke lokasi tes dan sebaiknya Anda datang satu jam lebih awal dari jadwal tes yang sudah ditentukan.
  7. Membawa semua perlengkapan tes, seperti pulpen, pensil, penghapus, dan lainnya yang mendukung Anda untuk mengerjakan tes.
  8. Persiapan fisik dan mental Anda, antara lain istirahat yang cukup dan jangan lupa makan sebelum tes agar Anda fresh saat menjalani tes CPNS.
  9. Perhatikan petunjuk soal, seperti cara menjawab, waktu mengerjakan soal, dan lain-lain. Hal bertujuan agar Anda dapat mengatur waktu dalam menjawab soal. Bahkan jika Anda telah selesai tetapi waktu masih tersedia, periksa kembali jawaban Anda.
  10. Poin terakhir dan yang terpenting adalah doa. Sebab, seberapa pun kuatnya Anda berusaha, apabila tanpa doa, sulit sekali Anda untuk mengeksekusi keinginan Anda menjadi PNS terkabul. berdoalah dengan sungguh-sungguh agar Anda bisa diterima menjadi PNS. Amin.

Sistem Penilaian Tes CPNS

Demikian penjelasan singkat tentang Strategi Lulus Tes CPNS. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menghadapi tes seleksi penerimaan Pegawai Negeri (CPNS) tahun ini. Jangan ketinggalan, baca juga info penting lainnya seputar tes CPNS dapat dibaca pada link-link artikel di bawah ini.

  1. Tips dan Trik Lulus Tes Wawancara
  2. Tip Trik Menjawab Soal Tes CPNS
  3. Strategi Mengikuti Seleksi Tes CPNS
  4. Persiapan Menghadapi Tes Psikotes CPNS
  5. Soal CPNS UUD 1945 dan Pembahasannya
  6. Soal CPNS TKP dan Pembahasannya
  7. Soal CPNS Tata Negara dan Pembahasannya
  8. Soal CPNS Sinonim dan Pembahasannya
  9. Soal CPNS Sejarah dan Pembahasannya
  10. Soal CPNS Pancasila dan Pembahasannya
  11. Soal CPNS Kewarganegaraan HAM dan Pembahasannya
  12. Soal CPNS Kebijakan Pemerintah dan Pembahasannya
  13. Soal CPNS Bahasa Indonesia dan Pembahasannya
  14. Soal CPNS Antonim dan Pembahasannya
  15. Soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) Tes CPNS
  16. Tip Trik Lulus Tes CPNS
  17. Tips Menjawab Soal Sinonim Tes CPNS
  18. Tips Menjawab Soal Antonim Tes CPNS
  19. Tips Menjawab Soal Analogi Tes CPNS
  20. Tes Karakteristik Pribadi (TKP) Tes CPNS
  21. Persyaratan Pendaftaran CPNS
  22. Pengertian Tes Cat CPNS dan Penilaiannya
  23. Pendaftaran CPNS 2015
  24. Keuntungan Menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil)
  25. Agar Honorer Diangkat Menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x