Mohon tunggu...
Khusnil Mubarok
Khusnil Mubarok Mohon Tunggu...

Komentar Anda Merupakan Semangat Dan Penghormatan Yang Sangat Berharga Bagi Kami

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Perbedaan Hari Raya Idul Adha

15 September 2015   07:18 Diperbarui: 15 September 2015   07:38 59 1 1 Mohon Tunggu...

muncul dalam kabar berita online lokal menyebutkan bahwa Indonesia akan mengalamai perbedaan dalam Hari Raya idul Adha (Banjarmasin.post). perbedaan itu adalah hal yang wajar, bukan untuk dibenci atau untuk dimusuhi, salah besar jika peperangan dan permusuhan terjadi hanya karena dasar perbedaan. seharusnya perbedaan itu disikapi dengan kebijaksanaan. 

Kebijaksanaan dalam menyikapi perbedaan itu sangat diperlukan, bukan hanya untuk memahaminya bahkan untuk menyelesaikan perbedaaan tersebut. tetapi di masyarakat malah seballiknya terkadang atas dasar perbedaan orang menghakimi bahwa disana buruk, disini baik, memusuhi yang berbeda dan mengatakan teman pada yang sama. bahkan lebih dari itu terjadinya peperangan dan pembunuhan karena perbedaan tersebut. maka perlu diketahui perbedaan itu bukan kejahatan.  

Hari raya di indonesia sering kali mengalamai perbedaan terutama idul Fitri, bahkan ada berita akhir-akhir ini akan terjadi perbedaan Idul Adha juga, hal-hal yang mendasar biasanya mengakibatkan perbedaan tersebut, seperti caranya dan penentuannya. tetapi jika kita lihat lebih jauh perbedaan itu karena banyaknya jumlah komunitas atau kelompok, namun tetap mereka semua berada dalam satu naungan negara indonesia, yang satu dengan semboyan bhinneka tunggal ika berbeda'' tapi tetap satu. maka tidak sepatutunya terjadi permusuhan diantara kelompok-kelompok.

VIDEO PILIHAN