Ang Tek Khun
Ang Tek Khun freelancer

Penduduk kota Yogyakarta • Sedang menyerap banyak hal, sedang belajar banyak hal.

Selanjutnya

Tutup

Regional Artikel Utama

Pinasthika 2016, Ajang Pesta Ilmu Kreatif dari Yogyakarta untuk Indonesia

3 November 2016   06:03 Diperbarui: 3 November 2016   10:45 15 5 3
Pinasthika 2016, Ajang Pesta Ilmu Kreatif dari Yogyakarta untuk Indonesia
Pinasthika Creativestival XVII

Diam-diam, event akbar insan kreatif bernama Pinasthika telah memasuki tahun ke-17. Perhelatan yang dilahirkan oleh Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) DIY bekerja sama dengan Harian Kedaulatan Rakyat ini berhasil melejit menjadi event akbar nasional dan terus bergerak mencapai format terbaiknya. Jika dahulu ini adalah ajang pesta insan periklanan dan desain yang terkesan eksklusif, kini kita akan menjumpainya sebagai festival terbuka yang melibatkan banyak pihak dan insan, menjadi 'surga' untuk membangun ekosistem ekonomi kreatif Indonesia.

Pada penyelenggaraan tahun lalu misalnya, dengan dukungan penuh dari Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), selama empat hari melibatkan 400 peserta seminar dan workshop, 150 komunitas kreatif dan perguruan tinggi di Indonesia, serta menampilkan 1.000 karya kreatif dari bidang advertising, desain grafis, desain produk, film, animasi, dan social movement. Untuk tahun ini, Pinasthika Creativestival dengan tema AwakeOn, akan berlangsung 3-6 November 2016 dan mengambil tempat luas di Lantai 3 Hartono Mall, Yogyakarta.

Pinasthika Creativestival 2016 (Pinasthikafest.com)
Pinasthika Creativestival 2016 (Pinasthikafest.com)

Tema Pinasthika 2016 - AwakeOn
Tema Pinasthika 2016 - AwakeOn

Beragam dan melimpah 'ilmu kreativitas' yang kekinian akan hadir melalui tiga format acara. Pertama, Creative Workshop, akan mengisi dua hari penyelenggaraan pada 3 dan 5 November 2016. Dengan batasan 50 peserta, workshop ini akan berlangsung intensif dengan para mentor berkompeten wakil dari berbagai institusi atau korporat ternama di tanah air.

Kedua, Creative Product Workshop, yang akan berlangsung 3 dan 5 November 2016, disiapkan khusus bagi para pemilik atau pelaku produk kreatif, sebagai kesempatan untuk melejitkan wawasan kompetisi, media promo, dan branding. Hadir sebagai pemandu, antara lain CEO dan orang kunci dari Dagadu, Petakumpet, Mendiola Design, Panenmaya, serta Paradesa & Kopi Kultur Bali.

Creative Seminar (Pinasthikafest.com)
Creative Seminar (Pinasthikafest.com)

Pemateri Creative Seminar (Pinasthikafest.com)
Pemateri Creative Seminar (Pinasthikafest.com)

Ketiga, Creative Seminar, akan berlangsung beruntun pada Jumat, 4 November 2016, sejak pukul 09.00 hingga 21.00 WIB. Pada forum ini akan dipaparkan proses kreatif dari para pelaku usaha level regional dan nasional dari beragam industri. Catat misalnya topik-topik Youth are Not Only Number dari YouthLab, Glocalism Now dari Bujukrayu, World of Mouth oleh Bukalapak, People Based Marketing dari Panenmaya—Facebook Instagram Affiliate Partner. Dan, akan dilengkapi dengan sebuah keynote talkshow bertajuk Indonesia Awaking.

Creative Movement Gallery
Bersisian dengan sajian beraneka pengetahuan, selama empat berlangsungnya Pinasthika Creativestival, akan terhampar pameran yang terbuka untuk umum dengan formulasi nama Creative Movement Gallery. Di booth/stand panitia dan peserta akan terpajang berbagai karya iklan, desain grafis, desain produk, hingga acara free sharing atau aktivitas komunitas.

Creative Movement Gallery (Pinasthikafest.com)
Creative Movement Gallery (Pinasthikafest.com)

Melalui pameran ini, pengunjung akan dipertemukan dengan berbagai pihak, produsen, atau komunitas yang masing-masing akan terbuka menerima kehadiran pengunjung dan merancang acara-acara khas mereka masing-masing. Catat nama-nama pop up market yang layak Anda kunjungi ini: Van Landa, Coklat Ndalem, Martani, Mazaraat Artisan Cheese, Kebun Kita, Warung Kita, Wiki Kopi, Sweet Sundae, Letusee, dan Kebun Roti.

Sejumlah komunitas turut diundang untuk berpartisipasi di arena ini, misalnya Kamera Lubang Jarum Jogja, Kampoeng Dolanan, Komunitas Jamu, Pelem Ukulele, Frog House, Bakpiapia, Batik Kreatif, Sekolah Lurah, dan Arkom.

Persiapan Pameran
Persiapan Pameran

Salah satu karya dalam pameran
Salah satu karya dalam pameran

Creative Sharing di tiap booth/stand akan bisa dijumpai pada Sabtu, 5 November 2016 mulai pukul 14.00 WIB, diisi oleh Ad Student, Hipwee, Brilio, dan PAIJO (Paguyuban Akun Info Jogja). Pada Minggu, 6 November 2016 mulai pukul 13.00 WIB, giliran peserta pop up market, antara lain Letusee, Wikikopi, dan Martani.

Penyelenggaraan ini diharapkan dapat mengulang, bahkan meningkatkan sukses melebihi tahun lalu yang berhasil menjaring lebih dari 3.000 pengunjung pameran. Lebih dari itu, diharapkan banyak terjadi perjumpaan dari para pelaku industri kreatif, akademisi, dan brand komersial yang berakhir dengan kolaborasi berkarya. Dengan demikian cita-cita untuk membangun perhelatan yang kondusif untuk membangun ekosistem ekonomi kreatif Indonesia dapat tercapai.

Salah satu karya dalam pameran
Salah satu karya dalam pameran

Salah satu karya dalam pameran
Salah satu karya dalam pameran

Untuk memantau seluruh rangkaian acara dan para pengampu topik-topik yang ditawarkan, Anda dapat membuka website resmi Pinasthikafest.com. []