Mohon tunggu...
Ang Tek Khun
Ang Tek Khun Mohon Tunggu... Freelancer - Content Strategist

Sedang memburu senja dan menikmati bahagia di sini dan di IG @angtekkhun1

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Kolaborasi dan Komitmen Lintas Sektor Jalan Ninja Menanggulangi Stunting

29 November 2023   10:15 Diperbarui: 29 November 2023   11:47 78
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi (Image: Pixabay)

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta memperteguh pola kolaborasi dan komitmen sebagai upaya untuk mempercepat proses penanggulangan stunting dengan pelibatan lintas sektor dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

PERMASALAHAN stunting negara kita adalah pekerjaan rumah sangat besar yang harus segera diselesaikan. Demikian ungkap Presiden Joko Widodo pada kesempatan menyampaikan sambutan.

Kala itu (25/1/2023) presiden menghadiri Pembukaan Rapat Kerja Nasional Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Banggakencana) dan Penurunan Stunting di Auditorium BKKBN Halim Perdanakusuma Jakarta.

Presiden berucap lebih jauh, "Saya masuk di 2014, itu angkanya di angka 37 persen. Sebagaimana disampaikan oleh Menkes, di 2022 angkanya sudah turun menjadi 21,6 persen."

Perwujudan dampak dari stunting bukan hanya soal tinggi badan. Namun, yang paling riskan adalah rendahnya kemampuan anak untuk belajar. Selain itu, munculnya penyakit-penyakit kronis yang mudah menyerang tubuh anak.

Itu sebabnya penetapan target angka stunting sebesar 14 persen pada 2024 harus bisa capai. "Saya yakin dengan kekuatan kita bersama, semuanya bergerak, angka itu bukan angka yang sulit untuk dicapai asal semuanya bekerja bersama-sama," ungkap Presiden.

Kolaborasi dan komitmen lintas sektor Pemkot Yogyakarta Menanggulangi Stunting (Foto: jogjakota.go.id)
Kolaborasi dan komitmen lintas sektor Pemkot Yogyakarta Menanggulangi Stunting (Foto: jogjakota.go.id)

Kolaborasi dan komitmen lintas sektor

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menerjemahkan upaya penurunan angka stunting dengan cara memperkuat kolaborasi dan komitmen yang melibatkan pihak-pihak secara lintas sektor dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Dengan demikian diharapkan dapat dicapai percepatan penanggulangan stunting. Siapa saja pihak yang diminta terlibat oleh Pemkot Yogyakarta untuk berkomitmen melaksanakan percepatan penanggulangan stunting tersebut?

Pihak-pihak tersebut meliputi penjabat Walikota Yogyakarta, DPRD Kota Yogyakarta, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), Bagian Kesejahteraan Rakyat dan Bagian Tata Pemerintahan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun