Mohon tunggu...
Kholifatuh imanah
Kholifatuh imanah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa PGPAUD UPI kampus cibiru

"pembelajar muslimah"

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pengembangan Sistem PJJ: Meningkatkan Motivasi dan Keterampilan Orangtua di Masa Pandemi Covid-19

2 Agustus 2021   10:16 Diperbarui: 2 Agustus 2021   10:19 31 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengembangan Sistem PJJ: Meningkatkan Motivasi dan Keterampilan Orangtua di Masa Pandemi Covid-19
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pendidikan merupakan hal yang penting dalam kehidupan manusia. Pendidikan dapat memberikan gambaran bagaimana seseorang akan terlihat di masa yang akan datang. Menurut bapak pendidikan indonesia yaitu Ki Hadjar Dewantara menyatakan bahwa pendidikan merupakan tuntunan didalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksudnya pendidikan adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka sebagai manusia dan anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagian yang setinggi-tingginya. Selain itu, Ki Hadjar dewantara mengajukan beberapa konsep pendidikan untuk mewujudkan tercapainya tujuan pendidikan, yaitu Tri Pusat Pendidikan. 

Seperti yang kita semua ketahui, bahwa  kondisi di negara kita saat ini sedang dalam keadaan tidak stabil dikarenakan adanya pandemi COVID-19. Dengan demikian, semua bidang yang adapun ikut terdampak tak terkecuali bidang pendidikan. Salah satu dampak di bidang pendidikan contohnya kesulitan guru dalam menberdayakan sistem PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) serta kesulitan orang tua dalam membelajarkan anaknya dirumah. 

Pada dasarnya konsep pendidikan merupakan tri pusat pendidikan, yaitu pendidikan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Dalam situasi dan kondisi saat ini, tantangan bagi guru, orang tua dan masyarakat dalam mencapai tujuan pendidikan di kala pandemi seperti ini dengan cara memanfaatkan teknologi yang ada, karena tak bisa dipungkiri bahwa kita sedang berada pada zaman era teknologi yang semakin berkembang. 

disini peran saya sebagai masyarakat, ikut serta dalam membantu permasalahan yang terjadi dalam bidang pendidikan. salah satunya membantu guru dalam meningkatkan keterampilan orang tua menggunakan teknologi, yaitu mengadakan pertemuan virtual dengan orang tua siswa dalam rangka menjelaskan penggunaan link G.Form. selain itu, memberikan pembekalan terhadap orang tua juga merupakan hal yang penting dikala kondisi seperti ini untuk meningkatkan motivasi orang tua dalam membelajarkan anaknya di rumah. Dengan begitu, semangat orang tua dalam belajar dan membimbing anaknya dirumah akan bertumbuh.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN