Mohon tunggu...
Khoirunnisa Maulidina
Khoirunnisa Maulidina Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Berisi Kegiatan Kelompok 4 KKN Tematik UPI 2022

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pemanfaatan Sampah Plastik dalam Rangka Kegiatan Buruan SAE bersama Warga RT 05 Kelurahan Gegerkalong

10 Agustus 2022   00:25 Diperbarui: 10 Agustus 2022   00:32 208 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kegiatan KKN Tematik UPI tahun 2022 dilaksanakan sejak tanggal 11 Juli-10 Agustus 2022, dengan tema Pemberdayaan Masyarakat Berbasi SDG's dan MBKM. Sasaran dari program KKN ini berfokus kepada kelompok masyarakat, perangkat Desa/Kelurahan, Sekolah, Posyandu dan lainnya. 

Pelaksanaannya dilakukan diberbagai daerah, salah satu yang menjadi tempat kegiatan KKN UPI yaitu Kelurahan Gegerkalong, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung di Kelurahan tersebut terbagi menjadi 10 kelompok dengan tema yang berbeda setiap kelompoknya. 

Kelompok 4 KKN Tematik UPI mendapatkan tema "Desa Layak Air Bersih dan Sanitasi" yang dilaksanakan di RT 05 RW 01 Kelurahan Gegerkalong. 

Banyak kegiatan yang dilakukan oleh para mahasiswa salah satunya yaitu kegiatan Buruan SAE, Buruan SAE merupakan suatu program urban farming yang sudah terintegrasi serta digalakan oleh dinas pangan dan pertanian (DISPANGTAN) Kota Bandung, yamg dibuat dalam rangka mengurangi ketimpangan pangan yang ada terutama di kota Bandung, dengan adanya pemanfaatan pekarangan atau lahan yang mungkin tandus atau beresiko mengalami erosi, program Buruan SAE juga telah meraih penghargaan baik di tingkat nasional dan internasional, kini manfaatnya dirasakan warga Kota Bandung halaman jadi indah dan bisa panen sayuran.

Selain untuk membantu stok pangan warga sekitar, program Buruan SAE juga dapat menjadi solusi untuk penghijauan dilingkungan sekitar pekarangan warga terutama di lahan kosong yang memungkinkan bila dibiarkan menjadi pembuangan sampah liar. 

Pada kegiatan Buruan SAE ini juga mahasiswa kelompok 4 memanfaatkan botol plastik bekas sebagai pot atau wadah bibit sayur dan buah, hal tersebut dilakukan untuk mendaur ulang kembali sampah plastik yang sangat disayangkan bila hanya dibiarkan dan menumpuk menjadi sampah serta membantu dalam mengurangi anggaran yang diperlukan dalam kegiatan Buruan SAE ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan