Mohon tunggu...
Khoirul Taqwim
Khoirul Taqwim Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Pascasarjana UIN Raden Mas Said Surakarta

Peneliti Tentang Kemasyarakatan

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Jurus Selamat dari Resesi Ekonomi

23 Oktober 2022   13:10 Diperbarui: 23 Oktober 2022   13:26 196
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Resesi ekonomi semakin mencekam dunia, apalagi ditambah krisis energi yang membuat berbagai negara gulung tikar, hingga mengalami kebangkrutan ekonomi yang sangat membahayakan kehidupan masyarakat secara luas. Maka tidak ada jalan lain, selain menaikkan harga dan menekan konsumsi energi secara tidak berlebihan.

Permasalahan resesi ekonomi ada berbagai jurus selamat dari resesi ekonomi, supaya masyarakat mampu keluar dari resesi yang semakin memperihatinkan kehidupan masyarakat secara luas. Maka yang dibutuhkan antisipasi supaya resesi ekonomi tidak mengakibatkan kehancuran pondasi ekonomi di tengah-tengah kehidupan masyarakat.

Selalu waspada terhadap gejolak ekonomi makro yang ditimbulkan resesi ekonomi secara global. Bahkan krisis energi di berbagai negara di dunia memperparah keadaan resesi ekonomi yang semakin nyata keberadaannya.

Mengingat ekonomi makro yang sangat mempengaruhi ekonomi mikro secara langsung, seperti krisis energi yang menyebabkan harga energi mahal. Maka secara langsung membuat energi langka dan mengakibatkan harga energi mahal di tingkat mikro.

Sehingga dengan energi mahal yang dimulai dari krisis energi global berdampak biaya energi di tingkat mikro mengalami kenaikan yang sangat tajam. Maka menimbulkan dampak kenaikan di berbagai kenaikan harga ekonomi di tingkat mikro.

Mengahadapi resesi ekonomi butuh jurus aset alokasi yang tepat, jangan sampai aset alokasi malah menambah inflasi yang luar biasa. Maka emas termasuk salah satu aset alokasi menghadapi imbas resesi yang mengakibatkan inflasi keuangan yang luar biasa.

Perbankan juga akan mengalami dampak yang paling mengerikan. Karena jika resesi ekonomi berlangsung banyak nasabah yang menarik deposito dan mengakibatkan perbankan harus berhati-hati dalam mengeluarkan kredit.

Jika aset aloksi berupa saham. Maka sangat diperlukan memperhatikan saham yang mempunyai fundamental kokoh dan kuat. Karena saham akan mengalami bearish yang luar biasa di saat resesi ekonomi ini terjadi.

Membaca peluang usaha bisnis merupakan jurus ampuh di tengah-tengah resesi ekonomi. Maka usaha bisnis yang paling cerdas merupakan usaha yang dibutuhkan masyarakat, baik berupa peluang usaha bisnis sandang, pangan maupun papan.

Menghadapi resesi ekonomi dibutuhkan meningkatkan kemampuan diri. Karena apabila resesi terus berlanjut yang dikhawatirkan berdampak terhadap peningkatan putus hubungan kerja. Maka perlu meningkatkan kemampuan diri supaya mampu meraih kesuksessan dalam dunia kerja, baik sebagai karyawan maupun sebagai pengusaha yang cerdas dan mampu membaca keadaan resesi ekonomi yang terjadi di tingkat makro maupun di tingkat mikro.

Demikian tulisan singkat dari saya dan terima kasih banyak sudah membacanya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun