Mohon tunggu...
Khofifah Tussholihah
Khofifah Tussholihah Mohon Tunggu... Mahasiswa - manusia biasa

terbarlah kebermanfaatan

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN Tematik UPI 2021: Langkah Menuju Perubahan Digitalisasi untuk Wawasan Guru, Siswa, dan Orangtua

29 Juli 2021   23:37 Diperbarui: 29 Juli 2021   23:48 82
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kita sudah melewati 1 tahun lebih ini dengan kondisi pandemi, dari mulai kita meraba-raba untuk beradaptasi dengan pembelajaran jarak jauh, atau dengan bekerja dari rumah. Dengan permulaan yang begitu membuat kaget untuk beradaptasi. Namun, kita tidak boleh merasa selalu terpuruk dengan kondisi yang seperti ini, kita harus bangkit bersama untuk membuktikan bahwa dengan kondisi yang seperti ini yang serba terbatas, kita mampu melewati dengan hasil yang baik, kita mampu belajar dengan baik meskipun harus dari rumah, mampu mencetak prestasi meski dengan kondisi yang terbatas akses internetnya.

Mari kita kupas terkait bagaimana proses pembelajaran jarak jauh berlangsung, dari segi pandang guru dimana guru dituntut untuk membuat media pembelajaran yang sesuai dan mudah dipahami siswa, namun dengan kondisi seperti ini mau tidak mau harus di sajikan dengan cara digital, entah dengan pertemuan secara go0gle meet, membuat video pembelajaran, bisa juga guru hanya menugaskan beberapa soal untuk dikerjakan oleh siswa ketika pembelajaran secara jarak jauh di rumah atau bisa pula guru menyampaikan materi dengan mengirimkan voice note lewat grup Whatsapp. 

Hal-hal yang tadi merupakan salah satu cara sederhana dan mudah untuk menyampaikan materi pembelajaran. Namun disisi lain, dari segi pandang orang tua dan siswa, mereka sangat amat berharap untuk segera berlangsungnya kegiatan pembelajaran secara tatap muka atau secara langsung. 

Karena dengan keadaan pembelajaran jarak jauh ini, terkadang orang tua ada yang merasa kesulitan dalam membimbing para anak-anaknya dalam pembelajaran daring, entah disebabkan karena ia sambil membimbing anak kedua atau anak ketiganya diwaktu yang bersamaan untuk melakukan kegiatan pembelajaran daring, atau bisa juga disebabkan karena keterbatasan kuota serta sinyal dari gadgetnya masing-masing.

Meskipun begitu banyak rintangan yang harus dilewati, saya mencoba untuk menyelipkan sesekali media pembelajaran digital yang lainnya, dengan sesekali  melakukan tatap muka secara maya di google meet dengan durasi waktu yang tidak begitu lama, menyajikan video pembelajaran yang menarik agar siswa yang belum memiliki buku pelajaran mampu menyimak isi dari buku pelajaran yang digunakan, selain itu bisa membantu siswa yang sudah memiliki buku atau belum untuk memahami dan mengerti materi dengan baik, 

selain itu saya mencoba menyajikan Infografis untuk salah satu sub tema pembelajaran yang akan disampaikan, melakukan absensi serta pengumpulan tugas lewat google form, dan tidak lupa saya juga menyisipkan berupa voice note untuk membantu kegiatan listening siswa dalam memahami mata pelajaran Bahasa Inggris. Semua hal-hal tersebut dilakukan agar guru, orang tua, dan siswa mampu beradaptasi lebih baik lagi dalam memanfaatkan perkembangan teknologi untuk pembelajaran jarak jauh, sebagai langkah menuju perubahan digitalisasi untuk wawasan mereka selama PJJ di masa pandemi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun