Mohon tunggu...
Khansa MuthiahKhairani
Khansa MuthiahKhairani Mohon Tunggu... mahasiswi

tugas

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

PEMBELAJARAN DI TENGAH PANDEMI

26 Januari 2021   22:42 Diperbarui: 26 Januari 2021   23:10 56 0 0 Mohon Tunggu...

     Di masa pandemi seperti ini pemerintah mengeluarkan aturan tentang adanya WFH (work from home) yaitu kerja jarak jauh bagi para pekerja. Tidak hanya para pekerja, para pelajar pun menggunakan sistem belajar daring yang bisa disebut juga sistem pembelajaran tidak tatap muka yang menggunakan aplikasi pendukung seperti zoom, google meet, google class room, whatsApp grup, online learning ataupun yang lainnya.

    Di masa pandemi kita harus mempersiapkan tubuh yang kuat supaya mencegah terjadinya virus covid-19 yang melanda bumi ini, dengan cara meminum berbagai macam vitamin, makan makanan yang bergizi, melakukan 3 M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak), mengurangi aktivitas di luar ruangan seperti nongkrong, berolahraga dan lain lain.

    Pengalaman belajar di tengah pandemi awalnya memang sulit karena saya belum terbiasa melakukannya dan semakin lama semakin terbiasa dengan adanya sistem daring seperti ini, menatap leptop atau handphone setiap hari demi mengikuti pembelajaran, belum lagi ganguan sinyal yang tidak stabil, boros karena membeli kuota untuk belajar, jenuh karena tidak bisa bersosialisasi, apalagi saya maba yang tidak pernah bertemu dengan teman sekelas hanya melalui zoom atau google meeting saja tapi itu semua dilakukan untuk mengikuti sistem daring yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

    Tips belajar ditengah pandemi yaitu dengan cara memanajemen waktu harus adil antara bermain sosmed, belajar, mengerjakan tugas dan membantu orang tua, belaja dengan sunguh-sungguh karena tidak melakukan tatap muka maka harus memahaminnya personal, mencari jaringan yang mendukung untuk melakukan daring, dan jangan lupa menjaga kesehatan.

    Sistem pembelajaran daring memberikan dampak positif dan negatif, dampak positifnya mengurangi terjadinya penyebaran virus covid-19, dapa mengetahui bagaimana cara memanfaatkan teknologi, ada waktu buat keluarga dan lain lain. Sedangkan dampak negatifnya antara lain membuat kita bermalas-malasan, kurangnya sosialisasi antar tetangga dan teman, tidak dapat mengatur waktu dengan baik, menyebabkan kecanduan.

KATA KUNCI: PGSD UHAMKA, 1A PGSD UHAMKA, PEMBELAJARAN DITENGAH PANDEMI, PEMBELAJARAN DARING, TIPS BELAJAR DITENGAH PANDEMI

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x