Mohon tunggu...
Khoiru Wirawan W.
Khoiru Wirawan W. Mohon Tunggu...

Pendidik | Mahasiswa Pasca Sarjana IAIN Surakarta | yang berusaha memberikan manfaat bagi manusia lain

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Ngobrol Sama dengan Belajar

27 Maret 2016   11:33 Diperbarui: 27 Maret 2016   16:27 0 0 0 Mohon Tunggu...

[caption caption="ilustrasi Ngobrol (diambil dari michaelhyatt.com)"][/caption]

Manusia terlahir dengan penuh keterbatasan, tidak ada manusia yang paling sempurna di alam ini. Keterbatasan ini membuat manusia berusaha belajar untuk meningkatkan kemampuan diri dengan berbagai cara.

Ngobrol bisa jadi salah satu cara untuk belajar sesuatu dari orang lain, Saya termasuk tipe orang paling hobi ngobrol dengan siapapun dia, apalagi kalau ditemani segelas teh dengan beberapa cemilan - bisa lama ngobrolnya. Hal terindah saat ngobrol dengan orang lain adalah saat orang tersebut dengan senang hati memberikan pengalamannya. Tak perlu papan tulis maupun LCD seperti kuliah, terbukti beberapa ilmu bermanfaat bisa didapatkan dari hasil ngobrol.

Kita manusia belajar dari pengalaman, bila kita lihat pada dasarnya lembaga pendidikan memberikan pembelajaran kepada siswa melalui pengalaman (pengalaman menghitung, pengalaman membaca, pengalaman menulis, dll). maka semakin banyak seseorang mendapatkan pengalaman, semakin banyak pula Ilmu yang dia dapatkan.

Jadi belajar bisa dari mana saja, salah satunya melalui percakapan atau obrolan. Agar obrolan kita lebih bermanfaat, beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Buka gelasmu dan kosongkan isinya

Benar, buka gelasmu (pikiran) dan kosongkan isinya - gelas tak akan terisi air (ilmu) ketika tertutup atau isinya penuh. Saat kita ngobrol jangan pernah merasa diri lebih hebat dari lawan bicara. Saat kita merasa lebih hebat, yang dia katakan seolah tak bermanfaat sama sekali, padahal mungkin banyak ilmu yang kita dapatkan darinya. Luangkan hati dan pikiran kita untuk mengisi ilmu dengan banyak mendengar.

Pahami karakter lawan bicara

Ingat.. setiap orang punya karakter yang berbeda, saya biasa berusaha memahami karakter seseorang sebelum memulai pembicaraan - mungkin melalui minat dan ketertarikan orang tersebut, hobi, pekerjaan, dan keahliannya dibidang tertentu. fungsinya untuk menentukan kemana arah pembicaraan.

Atur tema pembicaraan

Jangan asal ngobrol, biar tidak mubadzir tentukan arah obrolan yang kita inginkan. Tanyakan hal-hal baru yang belum kita ketahui pada lawan bicara kita tentunya yang sesuai dengan bidangnya, agar kita dapat ilmunya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x