Mohon tunggu...
Kharisma Eraristian
Kharisma Eraristian Mohon Tunggu... Mahasiswa

Sedang Belajar Menulis

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

KKNT Recon Kemendikbud "Literasi dan Numerasi" di SDN Sukolilo 03 oleh Mahasiswa Universitas PGRI Madiun

24 Oktober 2020   11:05 Diperbarui: 24 Oktober 2020   11:14 7 0 0 Mohon Tunggu...

Pada saat pemerintah mengumumkan kasus pertama Covid-19 (Coronavirus Disease 2019) bulan Maret lalu, negara Indonesia dihadapkan dengan masa pandemi. Hal tersebut menyebabkan kehidupan manusia terdampak, salah satunya yaitu di sektor pendidikan. 

Dengan adanya pandemic covid-19 kegiatan pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka langsung di sekolah, kini menjadi belajar dirumah atau pembelajaran dalam jaringan (daring). Dalam hal ini anak-anak sekolah khususnya anak sekolah dasar yang rata-rata masih membutuhkan pendampingan dalam proses pembelajaran.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) telah berkomitmen untuk berpartisipasi gotong-royong menangani wabah Covid-19 di Indonesia dalam mitigasi pandemi Covid-19 dengan program Relawan Covid-19 Nasional (RECON) menyelenggarakan program KKNT terkait dengan covid-19, salah satunya yaitu KKNT Literasi dan Numerasi.

Salah satu mahasiswa dari Universitas PGRI Madiun yang terpilih dalam program KKNT Literasi dan Numerasi ini yaitu Kharisma Eraristian yang merupakan mahasiswa angkatan 2017 dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 

Tujuan dari Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) yang terkait dengan covid-19 dan dengan tema Literasi dan Numerasi ini diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan jiwa kerelawanan dan dapat mendorong peran mahasiswa sebagai agent of change untuk masyarakat dalam menghadapi pandemic covid-19 ini serta mahasiswa dapat membantu kegiatan pembelajaran siswa SD yang berdomisili di daerahnya masing-masing.

Kegiatan KKNT Literasi dan Numerasi ini dilakukan di SDN Sukolilo 03 kecamatan jiwan, kabupaten madiun. Dengan pembimbing bapak Hendra Erik Rudyanto, M.Pd., sebagai dosen pembimbing lapangan (DPL) kegiatan KKNT Literasi dan Numerasi.

Pelaksanaan kegiatan KKNT Literasi dan Numerasi ini dilaksanakan mulai tanggal 24 Agustus 2020 – 24 September 2020 dan kegiatan pembelajarannya dilakukan secara Luring di rumah siswa dengan menggunakan Modul pembelajaran Literasi dan Numerasi yang diterbitkan oleh Kemendikbud.

dokpri
dokpri
Dengan diadakannya kegiatan KKNT Literasi dan Numerasi ini, dari pihak sekolah khususnya Kepala Sekolah dan Wali Kelas di SDN Sukolilo 03 merasa senang dan sangat terbantu dalam proses kegiatan pembelajaran di masa pandemic ini. Siswa juga merasa senang dan aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang berlangsung. 

Para orang tua siswa juga merasa senang dan terbantu dengan adanya kegiatan KKNT Literasi dan Numerasi ini, karena para mahasiswa KKNT Literasi dan Numerasi ini dapat membantu dan membimbing anak-anaknya dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung di masa pandemic ini. 

Detail kegiatan dapat dilihat divideo berikut ini :

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x