Sosbud Pilihan

Mahasiswa KKN UM Merevitalisasi Perpustakaan Berbasis "Pustakawan Kecil"

14 Juni 2018   15:53 Diperbarui: 14 Juni 2018   16:01 466 0 0
Mahasiswa KKN UM Merevitalisasi Perpustakaan Berbasis "Pustakawan Kecil"
Pemilik hak cipta : KhapidWOW

Program Revitalisasi perpustakaan di SDN Ardimulyo 2, Singosari, Malang. Program ini merupakan program yang dijalankan oleh mahasiswa KKN UM Ardimulyo

Perpustakaan merupakan komponen yang tak dapat dipisahan guna meningkatkan kecerdasan anak bangsa. Guna meningkatkan kecerdasan anak bangsa maka dibutuhkan perpustakaan yang unggul. Perpustakaan yang unggul merupakan perpustakaan yang tahu bagaimana cara memuaskan para pengunjung. Kepuasan pengguna merupakan sasaran akhir bc       yang baik maka akan menarik para pengunjung untuk membaca buku diperpustakaan.

Aktivitas membaca adalah aktivitas yang dapat memperluas pengetahuan para pembaca. Namun, membaca masih banyak tantangan karena belum terbiasa akan membaca. Pada umumnya membaca dapat membuat para pembaca menambah wawasan.

Rendahnya minat membaca merupakan salah satu faktor menurunnya seseorang untuk berkunjung ke perpustakaan. keadaan tersebut membuat seseorang tidak memiliki niat membaca yang baik, sehingga menyebabkan berkurangnya sumberdaya manusia yang kompeten.jika sumberdaya manusia memiliki daya baca maka akan meningkatkan para pengunjung untuk mengujungi perpustakaan.

Kurang diminatinya perpustakaan oleh pengguananya bisa disebabkan oleh faktor internal yaitu kurangnya perhatian terhadap aspek pemeliharaan koleksi buku-buku dan pengadaan serta kurangnya fasilitas yang diberikan. Hal ini akan menimbulkan masalah-maslaah sendiri. Seperti minimnya koleksi bahan-bahan pustaka yang tersedia sehingga menyebabkan kurangnya pengunjung perpustakaan.

Pemilik hak cipta : KhapidWOW
Pemilik hak cipta : KhapidWOW
Perpustakaan di SD Negeri 2 Ardimulyo sudah sekitar dua tahun kebelakang tidak digunakan. Padahal buku yang dimiliki perpustakaan sangat banyak dan berfariatif. Namun dikarenakan tidak adanya putakawan yang membantu administrasi maka perpustakaan tidak dapat berjalan sesuai fungsinya. 

Kunjungan perpustakaan dan peminjaman perpustakaan tidak berjalan. Ditambah dengan fungsi perpustakaan yang digabung menjadi kelas, perpustakaan semakin dibiarkan dan tidak digunakan. Dengan adanya permasalahan tersebut mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang melakukan kegiatan berupa revitalisasi perpustakaan guna membantu perpustkaan SD Negeri 2 Ardimulyo dapat digunakan sesuai dengan fungsinya kembali.

Kegiatan ini dilakukan selama enam hari. Dimana empat hari digunakan untuk penataan kembali buku dan administrasi perpustakaan. hari kelima digunakan untuk sosialisasi pemijaman dan pengembalian perpustakaan dan dihari ke enam digunakan untuk pengkaderan pustakawan kecil yang akan menjaga dan mengatur administrasi perpustakaan SD Negeri 2 Ardimulyo. Kegiatan ini sangat didukung oleh guru-guru SD Negeri 2 Ardimulyo dan menerima sambutan hangat dari para siswa-siswi. 

"Perputakaan sudah tidak digunakan selama dua tahun kebelakang kak. Saya sangat senang sekali dengan dibukanya perputakaan. Karena kita bisa menambah pengetahuan kita dan bisa membaca-membaca di perputakaan" Ujar Cecilia (10) siswi SDN Ardimulyo 2"

img-20180528-wa0011-5b222be5cf01b441fe30d852.jpg
img-20180528-wa0011-5b222be5cf01b441fe30d852.jpg