Mohon tunggu...
khalista fani
khalista fani Mohon Tunggu... mahasiswa

Allah

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Peran Orangtua Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan pada Anak

22 Oktober 2019   12:55 Diperbarui: 22 Oktober 2019   13:28 0 0 0 Mohon Tunggu...

Seperti yang telah kita ketahui bahwa orang tua sangat penting dalam  peran pendidikan seorang anak apalagi seorang ibu karena ibu adalah guru pertama bagi anak anaknya. Salah satu perat penting orang tua terhadap anak adalah ketika anak sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. 

Pertumbuhan dan perkembangan tidak muncul dengan sendirinya, melainkan dengan proses proses dan cara yang berbeda beda. Dan di sanalah peran orang tua menjadi salah satu peran yang penting dalam pertumbuhan dan perkembangan pada anak.

Apabila pertumbuhan dan perkembangan anak tidak di bantu atau di dampingi oleh orang tua maka akan menghambat pertumbuhan dan perkembangan pada mereka, atau jika tidak menghambat, pertumbuhan dan perkembangan tersebut menjadi lambat atau tidak maksimal. Karena anak sangat membutuhkan bantuan orang tua dalam pertumbuhan dan perkembangannya.

PENGERTIAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA ANAK
Pertumbuhan memiliki kata asal "tumbuh" kata tersebut memiliki arti timbul (hidup) dan bertambah besar atau sempurna. Sehingga secara istilah, pertumbuhan memiliki pengertian perubahan secara kuantitatif pada fisik manusia karena beberapa faktor (faktor internal dan faktor eksternal). Pertumbuhan adalah perubahan ukuran dan bentuk tubuh atau anggota tubuh.

Perubahan kuantitatif ini dapat di ukur atau dinyatakan dan dapat di amati secara jelas. Contoh : sesuatu yang kecil menjadi besar, yang pendek menjadi tinggi, yang kurus menjadi gemuk dan lain sebagainya. Setelah kita pelajari, pertumbuhan itu memiliki 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berasal dari gizi, makanan dll sedangkan faktor eksternal itu dengan adanya lingkungan setikar dan pola hidup. 

Kedua faktor tersebut sangat berpengaruh pada pertumbuhan manusia. Tetika pertumbuhan hanya ada salah satu diantara dua faktor tersebut maka akan menghambat pertumbuhan seorang anak atau pertumbuhan tersebut tidak maksimal, sedangkan apa bila kedua faktor tersebut dapat di terapkan pada pertumbuhan seseorang maka pertumbuhan tersebut akan menjadi pertumbuhan yang maksimal meskipun pertumbuhan tersebut tidak terlalu sempurna.

Yang selanjutnya adalah perkembangan. perkembangan  merupakan suatu proses yang menggambarkan perilaku kehidupan sosial psikologi manusia pada posisi yang harmonis di dalam lingkungan masyarakat yang lebih luas dan komplek. Perkembangan juga merupaka perubahan mental yang berlangsung secara bertahap dan dalam waktu tertentu dari kemampuan yang sederhana menjadi kemampuan yang lebih sulit, misalnya kecerdasan, sika, perilaku, dan sebagainya.  

Perkembangan tentu memiliki perbedaan dengan pertumbuhan. Pertumbuhan yaitu identik dengan secara kuantitatif, maka jika perkembangan itu identik dengan perubahan secara kualitatif. Arti kata perkembangan adalah pertambah, memekar atau membentang. 

Dalam ilmu psikologi perkembangan meliliki arti perubahan secara kualitatif pada ranah rohani dan jasmani manusia menuju ke arah yang lebih baik atau ke arah yang sempurna. Yang di maksud dengan perubahan perkembangan fisik pada manusia adalah pertumbuhan pada organ-organ manusia.

ASPEK ASPEK PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA ANAK.
Pertumbuhan di beri makna dan di gunakan untuk menyatakan perubahan perubahan ukuran fisik yang secara kuantitatif semakin besar atau semakin panjang, sedangkan istilah perkembangan di beri makna dan di gunakan untuk menyatakan terjadinya perubahan perubahan aspek psikologi dan aspek sosial.

Setiap individu pada hakikatnya akan mengalami pertumbuhan fisik dan perkembangan non fisik yang meliputi aspek aspek intelek, emosi, sosial, bahasa, bakat khusus, nilai dan moral, serta sikap.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4