Mohon tunggu...
Khalifiah Everesta
Khalifiah Everesta Mohon Tunggu... Lainnya - ^^

mahasiwa semester akhir

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Mandiri 2020 Untag Surabaya: Belajar Bersama dengan Siswa SD di Masa Pandemi

30 Desember 2020   20:50 Diperbarui: 30 Desember 2020   21:25 109 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Situasi KKN di Panjang Jiwo RT002/RW001

Pandemi Covid-19 menghantam berbagai sektor di Indonesia. Tidak hanya sektor ekonomi yang terdampak, bahkan pada sektor pendidikan juga mengalami perubahan besar. Selama masa pandemi Covid-19, sistem pendidikan di Indonesia menerapkan belajar dari rumah (pembelajaran daring) untuk meminimalisir penyebaran covid-19. Dengan adanya pembelajaran daring ini mengakibatkan banyaknya siswa siswi terutama siswa sekolah dasar (SD) yang kurang berminat belajar, dan tidak memahami materi yang diberikan oleh gurunya.

Saya, Khalifiah Everesta Juhartoyo, atau biasa dipanggil Fia sebagai Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untag Surabaya dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Drs. Achmad Maqsudi, M.Si., Ak., CA. melaksanakan kegiatan KKN Reguler 2020 secara mandiri di Panjang Jiwo RT002/RW001, Kelurahan Panjang Jiwo, Kecamatan Tenggilis Mejoyo, Kota Surabaya selama 12 hari. Melihat banyaknya keluh kesah orang tua mengenai kurangnya materi yang diberikan guru kepada anaknya, kegiatan yang saya lakukan adalah melakukan belajar bersama ramai-ramai dengan cara mengumpulkan siswa SD kelas 2 di lingkungan Panjang Jiwo RT002/RW001 dan memberikan materi ringkasan sesuai dengan buku tema yang mereka dapatkan dari sekolah dengan diselipkan permainan yang menyenangkan seperti menggambar dan mewarnai yang sangat disukai oleh siswa SD. Di sela-sela kegiatan KKN, saya memberikan edukasi kepada siswa SD tentang protokol kesehatan yang dilakukan dimanapun. Saya juga memberikan masker dan hand sanitizer mini yang suda dikemas kedalam kantong.

Dengan adanya program KKN ini, orang tua siswa SD merasa terbantu dengan kegiatan pendampingan belajar ini. Hal ini dikonfirmasi oleh salah satu orang tua siswa di Panjang Jiwo RT002/RW001, “kegiatan pendampingan belajar ini sangat membantu saya dikarenakan saya yang bekerja tidak dapat mendampingi anak saya dalam pembelajaran sekolah online dan merasa kesulitan memberikan materi kepada anak saya. Dengan adanya pendampingan belajar ini, anak saya memahami materi yang diberikan oleh gurunya” ujar salah satu orang tua siswa. Saya sebagai mahasiswa Untag Surabaya berharap dengan adanya kegiatan KKN ini dapat memberikan manfaat dan semangat kepada warga di Panjang Jiwo RT002/RW001. Semoga pandemi covid-19 segera berakhir di Indonesia dan sektor pendidikan kembali seperti sediakala sebelum pandemi covid-19.

#KitaUntagSurabaya

#UntukIndonesia

#UntagSurabayaKeren

#EcoCampus

#KampusKompeten

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan