Mohon tunggu...
Khairur RASYID
Khairur RASYID Mohon Tunggu... penulis yang hanya ingin hidup dari hasil ketikan
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

seorang pria apa adanya

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Manfaatkan Sampah Karet Menjadi Produk Kreatif, Tim Dosen FDIK UEU Gelar PKM di SDS Dasana Indah, Tangerang

23 Oktober 2020   08:52 Diperbarui: 23 Oktober 2020   09:04 16 2 0 Mohon Tunggu...

Esaunggul.ac.id, Tim Dosen(Fakultas Desain dan Industri Kreatif) FDIK yang terdiri dari Putri Anggraeni Widyastuti S.Sn., M.Ds, Ratih Pertiwi, S.Ikom. M.Ds dan Huddiansyah. S.Sn., M.Ds. serta 5 mahasiswa desain menggelar Program Pengabdian Kepada Masyarakat di SDS Dasana Indah, Tangerang Banten, 28 Mei 2019.

Salah satu Dosen Putri Anggraeni mengatakan kegiatan PKM ini bertujuan merangsang stimulus proses kreatifitas dalam bentuk pelatihan aplikasi warna produk kreatif untuk siswa SDS Dasana Indah dengan memanfaatkan sampah karet melalui teknik cap pada produk kreatif seperti tas blacu.

Bahan yang digunakan dalam pembuatan Tas Blacu ini, Putri melanjutkan  menggunakan bahan hasil daur ulang pada mata kuliah Teknik cetak tuang yakni Cairan silokon. Cairain Silikon yang digunakan dalam mata kuliah ini, biasanya menjadi sampah, untuk itu pemanfaataanya sangat diperlukan.

"Saya Terpikir untuk memanfaatkan sampah karet yang dihasilkan dari mata kuliah ini untuk pembuatan produk kreatif. Dipilihnya sekolah ini karena lokasinya berada di tengah-tengah perumahan Dasana Indah. Dengan posisi sekolah ini, membuat siswa SDS Dasana Indah pun memiliki keterbatasan dalam proses kreatif dengan memanfaatkan alat yang ada," ujarnya.

Dirinya pun menjelaskan Sampah karet yang berasal dari sampah silikon atau rubber dari teknik cetak tuang dipotong-potong sesuai bentuk yang diinginkan dan nantinya akan dibagi kepada siswa SDS Dasana indah sebagai pola-pola yang akan diaplikasikan menggunakan teknik cap di atas tas blacu yang telah dipola.

"Mudah-mudahan dengan Pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh tim dosen Bersama dengan mahasiswa, dapat memberikan manfaat yang sangat besar kepada para peserta terutama meningkatkan kreativitas dan inovasi," tutupnya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x