Mohon tunggu...
Khairun Nimah
Khairun Nimah Mohon Tunggu... MAHASISWI UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH RIAU

ILMU KOMUNIKASI 20

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pengikisan Etika Generasi Milenial yang Terjadi Saat Ini di Negara Indonesia

21 Juni 2021   11:52 Diperbarui: 21 Juni 2021   12:27 99 1 0 Mohon Tunggu...

SELUK BELUK GENERASI MILENIAL

jika ditelaah,generasi milenial merupakan suatu kelompok manusia yang di kelompokkan berdasarkan tahun kelahiran antara rentang pafa tahun 1980-2000 dan saat ini tengah mendominasi dunia kerja, sebanyak 50% orang yang produktif di dunia kerja adalah generasi milenial. dari hal tersebut,muncul lah  suatu pedoman dalam membagi generasi generasi tersebut berdasarkan perbedaan tahun kelahiran yang batas periodenya adalah dalam kurun waktu satu abad ke belakang. Dari pembagian generasi generasi tersebut, muncul lah salah satu istilah yang di sebut sebagai generasi milenial.

Dan sangat disayangkan sekali generasi milenial sekarang  mulai mengalami pengikisan yang terjadi, pengikisan generasi milineal dari beberapa yang telah dialami, mereka hanya memikirkan kenikmatan dunia dan ber foya foya tanpa tau batasan, memang sangat sulit untuk dilarang makin hari makin mengikis sehingga membuat banyak dampak buruk yanh terjadi pada zaman ini.

Berikut ini beberapa dampak pengikisan etika generasi milineal di negara indonesia yang telah terjadi :

1. 15-20 persen dari remaja indonesia sudah melakukan hubungan seksual di luar nikah.

2. 15 juta remaja perempuan usia 15-19 tahun melahirkan setiap tahunnya.

3. hingga desember 2016 telah tercatat  6332 kasus AIDS dan 4527 kasus HIV positif di indonesia,dengan 78,8 persen dari kasus kasus  yang terlaporkan berasal dari usia 15-29 tahun.

4. setiap tahun ada sekitar  2,3 juta kasus aborsi di indonesia dimana 20 persen dianatarnya adalah aborsi yang dilakukan oleh remaja

5. berdasarkan data kepolisian, setiap tahun penggunaan narkoba selalu naik, korban paling banyak berasal dari kelompok remaja, sekitar 14 ribu orang atau 19 persen dari keseluruhan pengguna.

kesimpulan

diperlukannya strategi penanaman etika,moral,dan akhlak dikalangan remaja. penanaman ini tidak hanya di tanamkan di lingkungan keluarga saja,namun di perlukan kerja sama anatara masyarakat dan pemerintah. perananan orangtua sangat penting dalam proses perkembangan moral anak remaja milenial. melalui pengajaran akhlak seperti di didik dan di berikan pengertian tentang bagaimana menanamkan nilai nilai ke agamaan dan tata krama.98




                   

VIDEO PILIHAN