Mohon tunggu...
khafizah ameliaputri
khafizah ameliaputri Mohon Tunggu... IR

the way i'am

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Hubungan Internasional dalam Perspektif Islam (Al Imam Muhammad Abu Zahra)

19 Oktober 2019   06:27 Diperbarui: 19 Oktober 2019   06:36 0 0 0 Mohon Tunggu...

Hubungan Internasional dalam islam tidak hanya mencakup tentang urusan antara 1 negara dengan negara lain, tapi juga mencakup bagaimana cara memelihar hubungan yang baik antara 1 individu dengan individu yang lain, oleh karena itu terdapat beberapa peraturan yang mengatur individu tersebut agar tidak terjadi kesalahpahaman, terdapat beberapa pokok yang harus ada dalam hubungan antar manusia. 

1, Martabat; tugas manusia adalah sebagai khalifah di bumi oleh karena itu Allah memberikan ilmu kepada setiap manusia, melalui akal manusia dapat mengerti keadaan alam dan sekitarnya. 

2, kesatuan manusia; islam mengibaratkan setiap manusia sebagai satu kesatuan yang utuh, dan rasa kemanusiaanlah yang menyatukan manusia menjadi satu kesatuan.

3, tolong menolong; tolong menolong diwajibkan dalam hal kebaikan dan di haramkan dalam hal keburukan. 

4, toleransi; bertoleransi dengan semua manusia baik muslim maupun non muslim, Rasulullah sendiri telah mempraktikkan toleransi karna itu adalah hal yang mutlak baik di saat damai maupun disaat perang. 

5, kebebasan; yang dalam islam dimaksudkan kebebasan dalam berfikir namun tetap menjauhkan diri dari hawa nafsu dan syahwat . 

6, Kebajikan; landasan utama hubungan manusia yaitu berpegang teguh pada kebajikan yang dimiliki oleh setiap bani adam. 

7, keadilan; merupakan satu hal yang paling penting, karna pada hakikatnya semua manusia adalah sama, yang membedakan yaitu perkara Iman dan Amal. 

8, berinteraksi dengan seimbang; muslim diwajibkan untuk memperlakukan orang yang menyerangnya sesuai apa yang orang tersebut lakukan kepadanya, alias tidak boleh membalas secara berlebihan. 

9, menepati janji; Allah menyebutkan bahwa muslim wajib untuk berdamai dalam setiap permasalahan, perdamaian tersebut dapat dicapai dengan perjanjian damai, oleh karena itu perjanjian tersebut tidak hanya sekedar janji yang di tulis di atas kertas, tapi juga harus berusaha untuk menepatinya, demi keamanan kehidupan manusia. 

10, Kasih sayang dan larangan berbuat kejahatan ; membantu yang lemah merupakan hal yang penting, diwajibkan bagi muslim untuk memberikan hak dan kebebasan terutama perihal beragama, islam melarang manusia berbuat kerusakan, terdapat 5 hal yang harus dijaga yaitu, perlindungan terhadap diri manusia, agama, keturunan, akal dan harta.  

KONTEN MENARIK LAINNYA
x