Mohon tunggu...
Khadijah Meutia Savanah
Khadijah Meutia Savanah Mohon Tunggu... Mahasiswa - '58

2002

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pentingnya Disiplin bagi Pelajar dan Perkembangan Pendidikan di Masa Pandemi

1 Agustus 2021   09:15 Diperbarui: 1 Agustus 2021   09:22 640 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Disiplin bagi Pelajar dan Perkembangan Pendidikan di Masa Pandemi
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Di era pandemi ini, pemerintah menetapkan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran daring atau online. Hal ini ditetapkan untuk mengurangi penyebaran virus corona. Sebab membuat kerumunan merupakan salah satu alasan mudah tersebarnya virus corona. 

Sedangkan kegiatan belajar mengajar di sekolah pasti akan menimbulkan kerumunan yang cukup banyak dan berisiko bagi para pelajar untuk saling menularkan virus tersebut. Oleh sebab itu, hingga sekarang pelajar Indonesia masih melaksanakan pembelajaran daring.

Terdapat dampak positif maupun negatif dari menjalankan pembelajaran daring ini. Dampak positifnya tentu saja mengurangi penyebaran virus corona. Namun ada juga dampak negatifnya, seperti kurangnya pengawasan saat kegiatan belajar mengajar.

 Ketika melakukan pembelajaran di sekolah, para pelajar akan mendapatkan pengawasan dari guru saat melakukan kegiatan. Salah satu contohnya adalah melarang murid untuk tidak bermain atau mengaktifkan gawai ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung. Lain halnya ketika melalui pembelajaran daring. Para guru akan kesulitan untuk mengawasi setiap muridnya. 

Apa yang dilihat guru di layarnya belum tentu sesuai dengan kegiatan yang dilakukan oleh muridnya. Banyak murid yang terlalu asik dengan gawainya sehingga mengabaikan materi yang dijelaskan. Mungkin ada juga yang tidak memakai seragam sekolahnya melainkan baju bebas bahkan baju tidurnya karena hanya melihatkan bagian kepalanya saja.

Atau mungkin melakukan pembelajaran daring di tempat umum sehingga hilang konsentrasinya saat materi dijelaskan oleh guru.  Hal tersebut biasanya terlewatkan oleh guru karena yang terlihat di layar hanyalah wajah dan setengah badan.

Bagaimana mengatasinya? Tentu saja para murid harus menumbuhkan rasa disiplin tersendiri pada dirinya. Disiplin mengenai kapan harus membuka dan memainkan gawainya, dan juga kapan harus fokus terhadap materi yang dijelaskan. 

Disiplin mengenai pakaian yang harusnya dipakai saat kegiatan belajar mengajar. Melakukan kegiatan pembelajaran daring di rumah masing-masing dan bukan di tempat umum. Hal-hal tersebut merupakan bentuk dari disipin. Kedepannya, diri sendirilah yang akan rugi jika tidak disiplin.

"Disiplin adalah memilih antara apa yang kamu inginkan sekarang dan apa yang paling kamu inginkan." Kata Abraham Lincoln. Ada juga pengertian disiplin menurut Hougton adalah pola perilaku yang diharapkan akan menghasilkan peningkatan moral dan mental yang lebih teratur. Menurut KBBI, disiplin adalah ketaatan atau kepatuhan kepada peraturan, tata tertib, dan sebagainya. 

Disiplin merupakan salah satu kunci akan kesuksesan di masa depan nanti. Untuk menjadi seseorang dengan kepribadian yang lebih baik, disiplin sangatlah penting.

 Jangan berpikir bahwa karena tidak ada yang mengawasi kita dapat berkelakuan secara sembarangan atau semaunya. Rasa disiplin harus ditanamkan dalam diri masing-masing dan tentunya harus ada niatnya. Niat bahwa kita harus berubah menjadi pribadi yang lebih baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x