Mohon tunggu...
Khadeejannisa
Khadeejannisa Mohon Tunggu... Administrasi - Karyawan swasta

بسم الله Menulis adl caraku berbagi dan bercerita

Selanjutnya

Tutup

Surabaya

9 Wisata Ikonik Surabaya

12 Juli 2022   20:38 Diperbarui: 12 Juli 2022   20:45 175 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tabebuya Surabaya : regional.kompas.com

Surabaya..Surabaya..oh Surabaya...kota kenangan..kota kenangan..tak terlupakan. Sebait penggalan lagu perjuangan ini tentu tak asing lagi. Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta dan merupakan ibu kota provinsi Jawa Timur. Kota pahlawan, julukan bagi Surabaya karena memiliki latar belakang sejarah peristiwa berdarah pada 10 November 1945 dan sekaligus menjadi peringatan hari pahlawan. Bagi anda yang berniat untuk mengunjungi kota ini, mungkin beberapa destinasi berikut bisa menjadi pilihan saat berwisata singkat ke Surabaya. 

  • KBS (Kebun Binatang Surabaya)

ilustrasi: mediaindonesia.com
ilustrasi: mediaindonesia.com

Dulu tempat wisata ini pernah menjadi primadona di masanya, sebagai kebun binatang terlengkap se-Asia Tenggara dengan lebih dari 981 spesies satwa. Rasanya belum lengkap kalau liburan ke Surabaya dan mampir untuk mengunjungi KBS atau sekedar berswafoto di depan patung Ikon Suroboyo yakni Suro (sebutan untuk ikan hiu dalam Bahasa Jawa) yang sedang bertarung dengan Boyo (sebutan untuk buaya dalam Bahasa Jawa)

  • MAS (Masjid Agung Surabaya)

ilustrasi: id.wikipedia.org
ilustrasi: id.wikipedia.org

Merupakan masjid skala nasional terbesar kedua setelah Istiqlal. Disaat bulan Ramadhan semakin meriah karena kawasan masjid dikelilingi dengan bursa Ramadhan, kulineran serta PK5. Ada pula menara setinggi 99 meter di bagian depan kanan masjid yang sekaligus berfungsi sebagai menara pandang, spot pengamatan hilal dan juga objek wisata umum.

  • Kawasan Religi Ampel

ilustrasi: herdayat.com
ilustrasi: herdayat.com

Berpusat pada kampung Arab dimana terdapat makam salah satu wali 9 yaitu Sunan Ampel atau disebut juga Raden Rahmat. Wisatawan bisa melakukan kegiatan berziarah, berbelanja hingga berburu kuliner dan oleh-oleh khas Arab disini.

  • Tugu Pahlawan & Museum 10 November

ilustrasi: tourism.surabaya.go.id
ilustrasi: tourism.surabaya.go.id

Monumen tugu pahlawan dibangun untuk memperingati peristiwa bersejarah pertempuran 10 November 1945. Memiliki tinggi bangunan mencapai 41,15 meter dan berbentuk lingga atau paku terbalik. Bangunan ini masih satu kompleks dengan museum sepuluh November yang dibangun dibawah permukaan tanah area tugu pada kedalaman 7 meter dan luasnya 1336 meter persegi. 

  • Wisata Mangrove

ilustrasi: surabaya.ayoindonesia.com
ilustrasi: surabaya.ayoindonesia.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Surabaya Selengkapnya
Lihat Surabaya Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan